Syarat-syarat pemimpin menurut islam

Tidak lama lagi pemilu legislatif akan datang menghampiri kita. Berbagai atribut kampanye sudah banyak bertebaran dari kota-kota besar sampai ke pelosok kampung. Hal ini membuat pemandangan yang berbeda dari waktu-waktu sebelumnya, yang mana jalan-jalan dulunya sepi, sekarang berbagai spanduk, poster, baliho, bendera dan sebagainya mudah kita jumpai.

Ya, saatnya kita menentukan siapa wakil kita yang duduk di Legislatif untuk menyalurkan aspirasi kita sebagai rakyat.  Karena itu mari kita gunakan hak pilih kita untuk memilih pemimpin yang benar-benar sesusai dengan hati nurani.  Yang mana nantinya jangan sampai kita salah pilih, artinya teliti dulu calon legisltaif yang memang membawa suara rakyat.  Karena itu sebaiknya tidak usah golput.  Walaupun saya tidak setuju dengan fatwa MUI yang menyatakan bahwa golput hukmnya haram. Sebab kalau golput haram berarti akan berdosa bila melakukannya.  Kedengaranya agak aneh aja.

Sebagai muslim, saya dan kita tentunya, mari kita pilih yang sesuai dengan syariah islam, karena itu merupakan landasan utama bagi penegakan kehidupan bangsa kita.  Nah, berikut ada beberapa kriteria syarat-syarat pemimpin menurut syariah islam.

  1. Beriman dan beramal saleh. Ini sudah pasti tentunya.  Kita harus memilih pemimpin orang yang beriman, bertaqwa, selalu menjalankan perintah Allah dan rasulnya.  Karena ini merupakan jalan kebenaran yang membawa kepada kehidupan yang damai, tentram, dan bahagia dunia maupun akherat. Disamping itu juga harus yang mengamalkan keimanannya itu yaitu dalam bentuk amal soleh.
  2. Berilmu, Para pemimpin harus mempunyai ilmu baik ilmu dunia maupun ilmu akherat. Karena dengan ilmu ini maka akan membawa perubahan ke arah yang lebih baik dalam bentuk pembangunan fisik maupun spiritual, baik pemabanugnan infrastruktur maupun pembangunan manusianya itu sendiri.  Ilmu di dapat tidak harus melalui sekolah yang formal, tapi bisa di dapat dari mana saja yang penting bisa mengamalkan ilmunya itu dan nampak hasilnya ditengah-tengah masyarakat.
  3. Jujur. Ya, seorang pemimpin tentunya harus jujur. Apa yang disampaikan kepada masyarakat tentunya harus dilaksanakan, dan apa yang dikatakannya harus sesuai hendakyan dengan perbuatannya.
  4. Tegas. Merupakan sikap seorang pemimpin yang selalu di idam-idamkan oleh rakyatnya. Tegas bukan berarti otoriter, tapi tegas maksudnya adalah yang benar katakan benar dan yang salah katakan salah serta melaksanakan aturan hukum yang sesuai dengan Allah, SWT dan rasulnya.
  5. Amanah, bertanggung jawab. Maksudnya adalah melaksanakan aturan-turan yang ada dengan sebaik-baiknya dan bertanggungjawab terhadap peraturan yang telah dibuat.  Dan tentunya peraturan yang dibuat itu yang berpihak kepada rakyat.

Itulah kira-kira, kriteria pemimpin menurut syariah islam.  Karena itu mari kita seleksi calon pemimpin yang akan kita pilih bulan April mendatang.  Ingat, “teliti sebelum mencontreng”.

Sumber : Kotbah Jum’at


About these ads

6 Tanggapan

  1. mudah-mudahan yang kayak begini masih ada…

  2. @geRrilyawan: Amiin.
    Mas Prim kalo mo kuliah di unhan pakai seragam hansip boleh koq. :D

  3. “Calon Pemimpin”
    >>Semoga Pada PEMILU 2009 Ini Lebih Baik daripada sebelumnya.AMIN. Dan Memenuhi Seluruh Persyaratan yang Baik. Yaa ALLAH…Karuniailah Negara Indonesia ini Khususnya, Para Pemimpin yang TERBAIK dari yang Terbaik.AMIN

  4. bagus tuh

    mudah mudahan baldatun toyyibatun warobun gofur

    amin

  5. bagus, tapi susah cari pemimpin seperti itu saat ini.moga2 kita dapat pemimpin yg bener2 baik suatu saat nanti

    • iya.. saat ini pemimpin seperti belum ada, semoga suatu saat nanti segera muncul satri piningit yang akan memimpin nusantara dengan bijak dan adil.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 3.664 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: