1.Isi Akun & Saldo awal

Berikut adalah penyelesaian untuk kasus sebelumnya (Toko Rinjani) Kasus (periodikal).

  • Pastikan bahwa anda sudah melalui langkah awal yaitu setting perusahaan baru, bila masih bingung lihat Setting awal Myob.  Silahkan isi data Perusahaan yaitu Company Name : Toko Rinjani. Dan ikuti langkah seterusnya hingga selesai sampai pada tampilan awal Myob seperti gambar dibawah ini.
  • Kemudian isi daftar perkiraan. Bila masih bingung cara isi daftar perkiraan, lihat 4.Input Nama Perkiraan.  Sebagai contoh buat daftar akun dibawah ini
KODE PERKIRAAN
1-1110 Kas Perusahaan
1-1120 Kas Bank
1-1200 Piutang dagang
1-1400 Persediaan barang dagang
1-2200 Uang muka pembelian
1-3210 Peralatan kantor
1-3220 Akm. Peny. Peralatan kantor
2-1200 Utang dagang
2-1302 Hutang wesel
2-1310 PPN Penjualan
2-1330 PPN Pembelian
2-1600 Uang muka penjualan
3-1110 Modal saham
3-8000 Laba ditahan
4-1000 Penjualan
4-2000 Pendapatan jasa angkut
4-2100 Retur penjualan
4-3000 Pendapatan denda
5-1201 Pembelian
5-1203 Retur Pembelian
6-2010 diskon penjualan
6-2020 Diskon pembelian
6-2200 Biaya listrik
6-2300 Biaya angkut
  • Daftar perkiraan diatas sudah disesuaikan dengan  perkiraan aslinya yaitu Bahasa Inggris, jadi kalau ingin menambah perkiraan baru sebaiknya cari perkiraan bahasa inggrisnya lalu kita ganti dengan bahasa Indonesia. Misalnya ingin menambah akun biaya Asuransi, maka cari di kelompok no. 6 (Expense), maka akan ketemu Insurance dengan No. 6-2400.  Lalu klik nomor tersebut dan klik tombol edit di sebelah kanan bawah. Dan ganti Nama perkiraan tersebut dengan Biaya Asuransi. Seandainya perkiraan itu tidak ada dalam bahasa inggrisnya, maka usahakan buat nomor perkiraan yang terdekat dan sepadan dengannya.

Catatan Penting :

Apabila anda telah selesai membuat daftar Perkiraan diatas, maka lihat kembali perkiraan yang telah di input tadi.  Apabila ditemukan sebuah Perkiraan yang dicetak tebal, maka artinya itu adalah sebuah judul (Header) dan perkiraan ini tidak dipakai dalam menjurnal.  Jadi pastikan sebuah perkiraan yang akan dipakai menjurnal tidak dicetak tebal. Bila ditemukan tercetak tebal, maka kita harus merubahnya,  Contoh perkiraan berikut :

Perkiraan Piutang dagang nantinya akan dipakai untuk menjurnal, sedangkan dia merupakan header. Jadi harus kita rubah menjadi Detail Account. Caranya Klik pada Perkiraan tersebut, lalu klik Edit disebelah kanan bawah dan pilih Detail Account (Postable) lalu klik OK.

  • Setelah membuat daftar perkiraan/akun, maka langkah berikutnya adalah mengisi saldo awal perkiraan. Nah, silahkan isi saldo awal yang tertera pada halaman sebelumnya disini. Caranya yaitu Klik menu Setup, balances, Account opening balances maka tampilan seperti dibawah ini.
  • Yang perlu diperhatikan yaitu bahwa pengisian saldo awal bentuknya kebawah, tidak menyamping seperti neraca saldo. Lalu nilai akumulasi harus minus atau tanda dalam kurung. Dan untuk cek kebenaran saldo awal yang di input akan terlihat pada Amount left to be allocated (letaknya di bagian bawah)yaitu nilanya harus nol (0). Bila tidak nol, maka harus di cek ulang mungkin ada nilai yang salah input.
<== Perush dagang (priodikal) Setting data pajak ==>

43 Tanggapan

  1. daLam program MYOB, apakah akun bisa di edit apabila skun tersebut sudah paten?mksdnya untuk seperti utang atau piutang??

    • ada beberapa akun yang sudah paten/tidak bisa di edit. Ya, seperti akun yang anda sebutkan tadi. Karena sudah menggunakan nomor perkiraan yang baku, jadi kita tidak bisa menukarnya, karena ini juga merupakan akun yang link (=berhubungan dengan perkiraan lainnya).

  2. Kalo mau ngisi saldo awal piutang/utang gimana ya?
    w udah masukin terus itu ngaruh ga sama yg linked account nya? ato biarin aja?

    masih rada bingung nih ama yg linked account.

    untuk metode priodikal tinggal masukkan pada saldo awal pada gambar diatas. Tapi kalau metode perfectual harus disusun tiap customer atau supplier dan akan dibahas pada topik berikutnya. Link account akan berpengaruh terutama pada metode perfectual karena link itu akan berhubungan dengan akun lain misalnya Akun Bank, transaksi utang/piutang, jadi sebaiknya gunakan nomor akun yang sudah tersedia.

  3. aplikasinya pake b.inggris semua ?

  4. Bisa diberikan contoh pembuatan laporan konsolidasi untuk 5 perusahaan di MYBO..
    Terimakasih

  5. trus detail cheque account buat apa? contoh akun yg masuk situ apa? thx tolong dibalas :)

  6. kalau retur penjualan itu masuk ke golongan angka 4 ya? nanti langsung otomatis mempengaruhi HPP kan? :D

    • ya.. betul retur penjualan masuk ke dalam akun no.4 bisa digunakan nomor akun 42100 atau terserah saja yang penting kode awal-nya 4 dan nanti langsung otomatis mempengaruhi HPP…!

  7. mank’a amound left to be allocated harus Rp.0 y?
    klo gk Rp.0, berarti inputnya salah donk.

  8. Ya.. bila amound left to be allocated-nya tidak nol berarti neraca-nya salah… Karena neraca harus seimbang antara debet dan kredit. Sebagai penanda-nya adalah harus nol…!

  9. gmana broo klau mau setting pada pengisian saldo piutang dan customer?

  10. gimana kalo ga semua akun bisa masuk ke account opening balance? biasanya yg masuk cuma kepala 1-3. thx

    • Account opening balance adalah saldo awal Perkiraan. Dan saldo awal perkiraan awal periode merupakan neraca awal. Sedangkan item neraca itu adalah Harta (1), Utang (2) dan Modal (3). Jadi selain kepala1,2, dan 3 memang tidak ada, karena akun lain tidak ada hubungannya dengan Awal periode, seperti biaya, pendapatan dan lain-lain.

      • gimana caranya memasukkan saldo awal pendapatan,biaya ?

        Saldo awal Biaya dan Pendapatan tidak perlu dimasukkan, karena sudah menjadi Laba/Rugi tahun sebelumnya.

  11. Bagaimana cara mengisi saldo awal agar hasil akhir saldo awal nol atau dalam kurung?
    Akun akun apa saja yang harus dikurangi atau pengurangan dalam saldo awal agar hasil akhir NOL?

    • dalam kurung dengan nol adalah nilai yang berbeda. Dalam kurung berarti minus (-) dan mengandung arti bahwa perkiraan tersebut mengurangi sisi kolom (aktiva/aktiva) itu sendiri. Misalnya minus di kelompok aktiva mengurangi nilai aktiva begitu juga sebaliknya. Sedangkan nol memang tidak ada nilainya.

      Akun yang harus nol dalam saldo awal adalah Perkiraan Pendapatan dan Biaya, karena pada akhir tutup buku sudah menjadi laba/rugi. Jadi pada awal periode Pendapatan dan biaya dimulai dari awal lagi (Nol).

  12. tolong sare ya… MYOB bagaimana setting ke dalam bahasa indonesia

    • Maaf, menurut sepengetahuan saya, myob menggunakan bahasa inggris, tetapi akun/perkiraannya dapat menggunakan bahasa indonesia, sehingga saat pencatatannya laporan keuangannya jadi tetap bahasa Indonesia.

  13. saya mencoba myob v18 mas bro, tapi ketika memasukkan saldo awal akun yang termasuk income dan expense tidak tercantum, sedangkan pada soal terdapat saldo yang harus dimasukkan. Sehingga saldo yang terdapat di bawah (Amount left to be allocated) tidak nol. bagaimana solusinya ya mas bro??? Thx

    • Coba cek kembali data anda. Untuk saldo awal neraca income dan expense memang tidak ada, karena income dan expense menjadii laba/rugi di saldo awal.

  14. bagaimana luu munghapus akun yang sudah di linked kan………….!

    • Akun link yang dibuat sendiri bisa dihapus setelah menghilangkan link-nya. tetapi jika akun link yang sudah tersedia oleh program maka tidak bisa dihapus. Cara menghapus akun yaitu tampilkan akunm tersebut lalu klik menu edit, delete akun.

  15. kenapa pada myob tidak memiliki kepala 7

  16. kalau hutang bank no. accountnya apa ya???

  17. cara mengatur periode akuntansi myob,yg sudah pernah kita gunakan bgmn ea???

  18. mohon penjelasan pak, kenapa muncul pesan “beginning from a previous a financial year may not be changed for P&L accounts” ketika akan menginput saldo awal perkiraan ? terima kasih

  19. akun apasaja yang di – kan atau () kan. mohon penjelasannya pa
    terimakasih

  20. kalau memasukkan data”a sudah benar tetapi neraca mash belum balance gimana ya pa solusinya? m0hon bantuannya pa :-)

  21. Akun apa saja yang dikurung
    Trimakasih

    • 1. Akumulasi penyusutan
      2. cadangan kerugian piutang
      3. diskon / retur penjualan
      4. diskon / retur pembelian
      5. Deviden, WhitDrawing, Drawing, Prive (deviden, prive)

  22. apakah aplikasi ini bisa untuk perusahaan dagang ?
    truz kenapa account list berbeda?
    apakah ini MYOB v17?

  23. thanks y

  24. kita bikin 5 account di equity, tapi pas kita mau masukin saldo di account opening balance cuma ada 3 account..gmna ya solusi ny
    biar semua ny bisa muncul…???

  25. bagaimana kalau terjadi kekeliruan dalam pembuatan jurnal (jurnal telah ter-record), apakah jurnal tersebut bisa dihapus/diedit ?

  26. ko saya tidak bisa mengisi saldo awal untuk kepala 4-9? cuma 1-3 aja? ini bagaimana ya?

  27. Kenapa setelah input saldo awal buku pembantu piutang jurnalnya Debit: Piutang Kredit :Piutang ? Minta tolong penjelasan y ?
    terimakasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 3.658 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: