Jadikan Blog untuk berbagi

Hampir semua orang punya buku harian atau diary. Biasanya kita menulis catatan-catatan harian ini di sebuah buku kecil, terkunci, dan disimpan di tempat aman, agar orang lain tidak sampai membacanya. Karena bersifat pribadi, kita bebas menuliskan apa saja yang kita kehendaki di buku harian tersebut.

Istilah blog – yang merupakan singkatan dari weblog – pertama kali digunakan oleh Jorn Barger (Desember 1997). Istilah ini ditujukan untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu diupdate secara kontinyu dan berisi link-link ke website lain yang mereka anggap menarik disertai dengan komentar-komentar mereka sendiri.

Blog kemudian berkembang mencari bentuk sesuai dengan kemauan para pembuatnya atau para Blogger. Blog yang pada mulanya merupakan “catatan perjalanan” seseorang di Internet, yaitu link ke website yang dikunjungi dan dianggap menarik, kemudian menjadi jauh lebih menarik daripada sebuah daftar link. Hal ini dikarenakan para Blogger biasanya juga tidak lupa menyematkan komentar-komentar “cerdas” mereka, pendapat-pendapat pribadi dan bahkan mengekspresikan sarkasme mereka pada link yang mereka buat.

Dari penjelasan di atas, jelaslah bahwa setiap pemilik blog atau blogger bebas mengisi weblog pribadi mereka dengan apa saja. Bisa catatan harian, kumpulan artikel, opini tentang fenomena politik, review film, dan sebagainya. Karena bersifat personal, kita bisa dengan mudah mengintip kepribadian si pemilik blog. Hal ini disebabkan topik-topik apa yang dia sukai dan tidak dia sukai, apa yang dia pikirkan terhadap link-link yang dia pilih, apa tanggapannya pada suatu isu, bisa tergambar seluruhnya dari blog-nya.

Membuat Blog
Membuat blog (blogging) bukanlah pekerjaan sulit. Ada banyak situs yang menyediakan blog gratisan. Anda tinggal mendaftar jadi anggota secara gratis dan mulai menulis.

Berikut adalah nama-nama situs blog gratisan yang menurut penulis cukup layak Anda coba:

1. www.blogger.com.
Anda akan mendapat alamat situs: http://nama_pilihan_anda.blogspot.com. Contohnya: http://catatanku.blogspot.com. Blogger ini termasuk situs penyedia blog gratisan yang paling populer. menyediakan fitur tagboard (papan chatting) dan penyimpanan gambar.

2. www.blogdrive.com.
Layananya hampir sama dengan blogger. Keunggulannya adalah adanya fasilitas tagboard dan ruang penyimpanan gambar. Namun koleksi template desainnya lebih terbatas dan tidak sebagus di blogger.

3. www.xanga.com.
Anda akan mendapat alamat situs: http://www.xanga.com/nama_anda. Kelebihan situs ini adalah pada keleluasaan Anda mengatur desain dengan mudah, adanya blogring (kumpulan blog sejenis), dukungan terhadap statistik kunjungan, posting via email, dan sebagainya. Anda juga bisa menentukan apakah posting anda bisa dibaca oleh publik, atau hanya bisa dibaca oleh Anda saja (private). Namun situs ini punya beberapa kekurangan seperti tak adanya fitur tagboard.

Ketiga situs di atas adalah layanan dari luar negeri. Jika Anda menyukai yang buatan dalam negeri, silahkan pilih blog gratis dari Boleh.com (http://blog.boleh.com) atau Indosiar.com (http://blog.indosiar.com).

Sejatinya, untuk membangun sebuah situs blog yang bagus, Anda tak perlu menguasai HTML, karena setiap situs penyedia layanan ini menyediakan template yang bagus-bagus. Namun jika Anda menguasai HTML, itu tentu lebih bagus. Sebab situs seperti blogger dan blogdrive memberi Anda keleluasaan untuk mengedit kode-kode HTML dari template mereka. Jadi, Anda bisa membuat desain yang lebih bagus dan sesuai selera Anda.

Selain memanfaatkan blog gratisan yang siap pakai dan serba gratis, Anda juga bisa mencoba software blog machine yang memungkinkan Anda menginstalnya di server Anda (baik milik sendiri maupun menyewa dari perusahaan webhosting). Umumnya, agar software ini bisa diinstal dengan sukses, server Anda harus mensupport fitur tertentu, seperti PHP dan MySQL. Beberapa di antara software blog machine yang cukup populer adalah pMachine – www.pmachine.com, Movable Type – www.movabletype.org, dan Greymatter – www.noahgrey.com/greysoft.

Kiat Memilih Layanan Blog
Banyaknya layanan weblog mungkin membuat Anda bingung harus memilih yang mana. Menurut tabloid TrenDigital edisi 27 Tahun 2004, ada tiga parameter yang patut diperhitungkan dalam memilih layanan blogging, yakni kemudahan mengubah desain, fasilitas umpan balik, dan sindikasi. Alasannya, ketiga faktor inilah yang sangat penting untuk membuat nyaman si pemilik dan pengunjung blog.

Kemudahan mengubah desain berarti si penyedia layanan memberikan keleluasaan bagi pengguna untuk mengubah desain weblog sesuai selera masing-masing. Baik netter yang mengerti desain web maupun yang masih awam, hendaknya dapat melakukan perubahan desain dengan mudah dan praktis.

Fasilitas umpan balik merupakan faktor berikutnya yang penting, karena Anda dapat berinteraksi dengan para pengunjung melalui weblog tersebut. Fasilitas umpan balik ini mencakup komentar terhadap tulisan Anda, buku tamu, tagboard (semacam papan chatting), formulir untuk menghubungi Anda via email, dan sebagainya.

Sindikasi merupakan faktor ketiga yang sering diabaikan oleh para pengguna weblog. Sindikasi yang menggunakan RSS (Really Simple Sydication) atau ATOM, berguna bagi pengunjung yang ingin mengetahui kapan suatu blog (atau situs secara umum) diperbarui. Ada pula fitur canggih lainnya seperti mobblogging yang memungkinkan Anda memperbarui blog melalui e-mail. Bila ponsel Anda bisa digunakan untuk mengirim e-mail, Anda bisa menggunakannya untuk menulis blog.

Komunitas Blog
Saat ini, weblog tidak hanya menjadi sebuah fenomena teknologi, namun telah berubah menjadi gaya hidup (life style). Jika beberapa tahun lalu orang berlomba-lomba membuat situs pribadi (yang mempopulerkan beberapa layanan situs gratisan seperti Geocities, Tripod, AngelFire, dan sebagainya), maka sekarang adalah jamannya weblog. Weblog tampaknya lebih menggiurkan ketimbang situs pribadi konvensional, karena pengelolaan content-nya yang sangat mudah, cepat, dan praktis. Coba bandingkan dengan situs pribadi yang dibangun secara manual dengan bahasa HTML standar. Cukup merepotkan. Mungkin inilah sebabnya, jumlah pemilik weblog jauh lebih banyak ketimbang pemilik situs pribadi konvensional.

Sebagai gaya hidup, komunitas weblog pun banyak yang tumbuh di internet. Di Indonesia sendiri, penulis mencatat beberapa nama yang cukup menonjol, seperti:

1. Bandung Blog Village

2. Angkringan (komunitas weblog Yogyakarta)

3. Goblog Media

4. Blog Bugs (Indonesian Blog Community)

5. Blogger Family

6. Metromini

7. Indonesian Muslim Blogger

8. dan sebagainya.

Nah, jika Anda tak mau ketinggalan dengan salah satu fenomena yang sedang ngetrend di internet, memiliki situs pribadi yang berisi catatan harian Anda, segeralah membangun blog. Jika perlu, bergabunglah dengan komunitas blog yang Anda sukai, untuk memperluas pergaulan Anda di dunia maya. (dari berbagai sumber)

Satu Tanggapan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: