Hukum mengambil artikel lain

Pernah mengambil artikel dari web atau informasi lain ?.. Saya yakin pasti kebanyakan kita udah pernah, minimal kita tahu informasi tertentu dan kita mengomentari berita tersebut. Misalnya ada berita tentang kecelakaan kereta api, kemudian kita mengomentari hal tersebut. Nah bagaimana kalau kita mengambil artikel tentang tips-tips memprogram, atau kiat-kiat tertentu dari web site lain. Apakah itu gak boleh, atau itu dibilang menjiplak, atau dibilang kurang professional…?

Kebanyakan informasi mengenai tutorial atau tips-tips di internet adalah sama. Maksudnya kalau tutorial tentang cara memprogram visual basic di web A, akan sama dengan yang di Web B. Karena memang itu adalah program yang sama. Atau kita ambil dari buku kemudian kita ngeblog, maka akan sama juga. Nah, jadi kalau kita ngeblog tentang tips-tips yang kita ambil dari web lain, gimana tuh hukumnya..?

Kalau menurut saya syah-syah saja mengambil artikel dari tempat lain, masalahnya tujuan kita ngeblog kan untuk menyebarluaskan informasi supaya orang lain memberikan tanggapan terhadap apa yang kita buat, atau minimal orang lain tahu apa yang kita ketik. Nah kalau kita tahu bahwa artikel itu ada di web lain ,, ya biarin aja..karena itu adalah informasi yang kita dapat. Jadi informasi yang ada di internet makin banyak dengan bentuk dan model yang berbeda di blog-blog yang berbeda pula.

4 Tanggapan

  1. Sepertinya emang gak masalah alias boleh2 saja, tapi tetep nuliskan sumbernya, jangan sampai lupa sebab dikira penjiplak, mengaku tulisan itu buatan kita.

    yup.. bagusnya emang gitu…! mudah-mudahan sumbernya gak marah ya kalau artikelnya disebarkuaskan… Trim’s Mr. Urip

  2. ๐Ÿ™‚

  3. Kirain hukumnya sunat mugholadoh.๐Ÿ˜€

    weleh..bukan tapi hukumnya newton.. he he,…ada-ada saja nih mas adi

  4. Everyone loves what you guys tend to be up too.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: