Manajemen Halaman awal WordPress

Waktu mendaftar pertama kali di WordPress, kita diberikan tampilan awal standar dengan memilih beberapa themes yang disediakan. Tapi selain itu rupanya kita bisa memilih komponen apa saja yang akan ditampilkan pada awal halaman. Nah berikut tips untuk mengatur tampilan awal blog di wordpress. Eh.. bagi yang udah tahu..diam aja ya.. lho kok disuruh diam, emang siapa kamu…! tak sobek-sobek.. he he he (mas tukul jangan marah = artikel dipinjam).

Langkah-langkahnya :

  1. Setelah Login, Pilih Dashboard
  2. Kemudian pilih Tampilan, lalu, Widget Kolom Sisi

Kemudian anda bisa memilih kolom kanan dan kiri yang akan di isi dengan komponen yang disediakan dibawah dengan cara tarik/drag dengan mouse ke arah kolom tersebut. Berikut komponen yang disediakan:

  1. Kalender untuk menampilkan artikel yang dibuat dalam 1 bulan
  2. Arsip untuk menyimpan artikel per bulan
  3. Kategori untuk menyimpan artikel per kelompok yang dibuat sendiri.
  4. Tautan untuk membuat hubunga ke blog / situs lain
  5. Komentar terbaru untuk menampilkan komentar dari pengunjung yang paling baru
  6. Cari untuk menampilakn fasilitas pencarian artikel dalam blog anda.
  7. Tulisan terbaru untuk menampilkan artikel yang barusan anda buat.
  8. Statistik Blog untuk menampilkan berapa jumlah pengunjung dari blog anda
  9. flickr untuk menampilkan album foto
  10. Akismet untuk memblog spam
  11. Meebo untuk membuat chating langsung dengan pengunjung.
  12. Platial Mapkit untuk menampilkan peta dari pengunjung blog anda
  13. Vod:Pod Videos untuk menampilkan video
  14. Sonific Songspot Untuk mendengarkan lagu
  15. Text 1 untuk menampilkan text yang kita inginkan.
  16. RSS 1 untuk mengambil artikel atau berita berita dari situs lain dan akan berubah secara otomatis.

Masih ada yang kurang..? Tambahin dong…!!!

3 Tanggapan

  1. Widgets text dan RSS-nya bisa ditambah lagi sampai jumlahnya masing2 9 ini ada dibagian bawahnya widgets2 itu tinggal custumize aja.

    Oh ya.. terimakasih ya..atas tipsnya, helgeduelbek nih banyak ilmunya….!

  2. trus biar orang datang ke blog kita gimana caranya? dan kita mentautkan blog orang apa perlu ijin?

    Kalau ingin mentautkan blog teman ke blog kita menurut saya nggak perlu minta izin, karena sebenarnya malah senang blognya ditautkan artinya makin banyak orang yang tahu blog kita. Tapi kalau mau minta izin ya lebih bagus. Nah kalau cara mentautkannya seperti ini :
    Setelah Login, pilih Dasboard, kemudian pilih Daftar Blog lalu di bagian bawah ada Tambah Link kemudian masukkan nama teman kita, jangan lupa alamatnya juga (situs/blog), Terus masukkan pada bagian kategori, bisa juga ditambah kategorinya misalnya Link Teman, Link Blogger dsb…..!
    Supaya orang datang ke blog kita ya.. sering-sering kita isi blog orang dan buat artikel yang up to date, dengan demikian orang lain akan tahu blog kita, Sehingga dengan sendirinya orang tersebut nanti akan datang ke blog kita.
    Trim’s ya udah mampir di blog ku. salam kenal

  3. Ada gak sii widget untuk mengetahui siapa aja yg mampir ke blog kita? Tengkiyu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: