Siapa wali Allah…!

images.jpgWali Allah atau Waliyullah adalah kekasih atau orang yang dicintai Allah. Isya Allah orang-orang seperti itu akan ada disetiap zaman. Sebenarnya kekasih Allah tidak identik dengan keasktian atau supranatural yang aneh-aneh. Tapi tidak menutup kemungkinan mereka memiliki keistimewaan tertentu, yang dalam pandangan orang lain dianggap kesaktian. Tapi itu bukan sesuatu yang mereka kejar, mereka hanya mengejar cinta dan keridhaan Allah semata.

Keistimewaan lainnya sekedar bonus dari Allah atas kesalihannya. Kadang mereka tidak sadar bahwa dirinya memiliki keistimewaan. Karena itu para kekasih Allah tidak pernah berbangga diri atau menunjukkan segala keistimewaan kepada orang lain. Hal ini berbeda dengan wali setan / pengikut setan. Mereka gemar sekali memperlihatkan kesaktian dan kemampuan supranaturalnya. Bahkan menjadikannya sarana mencari uang, popularitas dan sebagainya. Ciri yang paling kentara, semua keistimewaan dari pengikut setan adalah semakin jauh mereka dari Allah.

Seandainya wali Allah mempunyai kelebihan atau keistimewaan misalnya dapat berjalan diatas air, mengobati orang sakit, dan sebagainya, maka semuanya itu hanyalah keistimewaan yang rendah tingkatannya. Keistimewaan tertinggi adalah ketika ia mampu istiqomah dalam taat kepada Allah, karena itu wali Allah tidak harus seorang ulama besar. Seorang petani, pedagang, ibu rumah tangga, mahasiswa, pejabat dan lain sebagainya bisa menjadi wali Allah. Syaratnya ia istiqomah serta ikhlas dalam taat kepada Allah, sesuai kapasitas dan kemampuannya serta menjadikan kehendak Allah diatas kehendak hawa nafsunya.

Disadur dari Klinik MQ

6 Tanggapan

  1. Mas prim… tetanggah dan siswa saya ada yang namanya istiqomah😀

    Uups.. ada-ada saja nih Mr.Urip….! di daerah saya juga ada yang namanya Pak Wali.. yaitu Walikota he he he

  2. wali kan yang tahu cuman wali, itu dah sulitnya.

    Kalau tidak jadi wali..ya mudah-mudahan kita menjadi sahabat wali..itu udah lumayan.. dari pada jauh dari wali..!

  3. Mas Prim katanya rasul itu banyak beda dg nabi… dan sekarang pun masih ada rasul, ayat berapa ya aku pernah baca… lali mas, kapan2 deh tak goleki sik…

    wah.mbak kalau itu aku..belum tahu tuh mbak.. aku juga mo cari kalau gitu…. mudah-mudahan dapat pencerahan ya..!

  4. kamu enggak cocok kerja di air jadi REG sepasi PRIMBON HEHEHE

  5. aku juga wali, kemaren pergi kesekolah ngambil raport, kan harus wali yang ngambil

  6. ini laman ilmiah jangalah buat kelakar…kita ambil satu kata allah kepada nabi daud a.s,,,wahai daud para waliku berada di dalam kubah-kubahku,,mereka tidak akan di kenali melainkan para waliku jua,,maka berbahagialah para waliku dan para pecintaku….khalel.tq

    yupp.. thanks ya sobat…udah berkunjung ke rumah ku….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: