Kenapa ada April Mop..!

April Mop ya, apaan tuh…!

Aku sebenarnya gak terlalu ambil pusing dengan kata-kata itu..!. karena itu bukan dari budaya kita… Indonesia tercinta. Tapi demi coret-coret di jariku ini kucoba juga untuk mengulasnya. Dari bahasanya saja udah ketahuan itu dari budaya luar. Dan memang ada apa sih dengan bulan april, kok kayak ada sesuatu, atau kejadian apa gitu.

Biasanya april mop itu ada orang atau teman yang menjahili teman lainnya dengan memberikan kejutan / informasi yang bisa membuat mereka kuatir, takut atau bahkan shock. Tujuannya adalah untuk hiburan, atau sekedar menghidupkan suasana yang Geeerrr gitu, eh bahasa mana tuh “Geeerrr”.

Oh ya ngomong-gomong dari mana tuh asal april mop. April Fool’s Day, atau lebih dikenal dengan sebutan ‘pril Mop , jatuh setiap tanggal 1 April. Tradisi ini dilakukan oleh masyarakat di negara Barat, yang kemudian menyebar ke Asia, termasuk Indonesia.Tradisi ini sebenarnya bermula pada tahun 1582 ketika Paus Gregorius XIII memutuskan untuk mengganti sistem penanggalan lama yang diberlakukan sejak zaman Romawi, yaitu Penanggalan Yulius (Julian Calendar) dengan tanggal 1 April sebagai tanggal dimulainya tahun baru. Oleh Paus Gregorius, sistem penanggalan baru yang dicanangkannya dinamakan Penanggalan Gregorius (Gregorian Calendar) dengan tahun baru jatuh pada tanggal 1 Januari. Perubahan sistem penanggalan ini awalnya ditentang oleh masyarakat Abad Pertengahan saat itu yang terbiasa merayakan tradisi Tahun Baru selama 8 hari mulai tanggal 25 Maret, karena pada bulan itu memang terdapat satu hari yang menandakan terjadinya pergantian tahun : masa pembagian waktu siang dan malam yang sama panjangnya yaitu 12 jam, tepatnya tanggal 21 Maret. Hari itu disebut juga dengan istilah ‘vernal equinox’, atau ‘ekinoks musim semi’, karena setelah tanggal itu masyarakat yang tinggal di negara empat musim (terutama di negara-negara Barat) mulai memasuki masa musim semi. Tetapi ada pula sebagian masyarakat yang menyetujui perubahan sistem penanggalan itu, dan kemudian mengejek orang-orang yang masih ingin memegang tradisi lama dengan memberikan pesan-pesan bohong dan konyol, serta menyebut mereka ‘tolol’ (fools).

Bagaimanapun, hari April Mop merupakan tradisi yang sangat disenangi oleh masyarakat di negara-negara Barat sebagai hiburan. Mereka yang berhasil ‘mengerjai’ korbannya pada hari April Mop lantas akan berteriak, ‘April Fool!’ .

Nah ada beberapa kasus yang baru-baru ini terjadi yang berakibat fatal gara-gara April mop ini. Di China, seorang suami menceraikan istrinya gara-gara lelucon april mop. Istrinya pura-pura gantung diri untuk membuat kejutan bagi suaminya. Tentu sang suami dibuat kalang kabut dan menghubungi tetangganya serta kepolisian. Tapi apa yang terjadi..? Istrinya yang pura-pura mati itu terbangun dan berteriak bahwa itu adalah hadiah April mop bagi suaminya.

Waduh… gimana nih…! Lelucon kok keterlalun sih…! Kan bisa membuat jantungan tuh. Nah akibatnya fatal kan… di cerai, lagian siapa suami yang nggak gemes dibuat seperti itu. Sebenarnya kalau untuk bergurau itu boleh-boleh saja dan itu perlu untuk menghidupkan susana supaya tambah akrab. Tapi kalau sudah keterlalun ya bisa berubah jadi kekacauan, bahkan pertengkaran. Jadi apakah masih perlu april mop itu…?

3 Tanggapan

  1. Walaah…guyone ga sehat tapi emang heboh bangeet, wah akibate fatal juga klo kegantung beneran gimana? April Mop yg sehatitu tahu2 ngasih duit… api beneran ojok bohongan…hahahaha

  2. sedikit info tambahan seputar april mop…
    bisa klik link berikut:
    http://orido.wordpress.com/2007/04/03/hotd-berbohong/

    semoga berguna

    Jangan sampai April mop membudaya…! karena lebih banyak mudharatnya daripada kebaikannya..!

  3. Hello there, Happy Fool’s Day!!!

    Uncle Pete never asked the Lord for anything, but one day he heard about this Oregon Lottery… He began to think about it, and think about it… Then a couple of days later, he asked the Lord,
    “You know Lord, I never asked you for anything, I’ve been going to church every Sunday, praising you and thanking you for what I have, and I sure would like to win that lottery!”
    Well, a couple of years went by and Uncle Pete still wanted to, and didn’t win that Oregon Lottery. One day while plowing a field he starts thinking about not winning the lottery, and get frustrated, so he decides to ask the Lord why He won’t help him to win the lottery.
    He yelled up at the sky, “Lord, I never asked you for ana’ thin’ but ta’ win that there Oregon Lottery, and You never did help, well WHY?”
    Then the clouds above began to part and in a booming voice he heard the Lord say,
    “Pete, I’m gonna need some help on this, you have to buy a ticket first.”

    Happy April Fool’s Day!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: