Perang blog Malay-Indo

Kekisruhan antar negara membuat gerah bagi warganya, tidak hanya dalam dunia nyata saja. Ini juga meluas ke dunia internet, begitu juga para blogger negara masing-masing. Para blogger tentu akan melihat sisi ini untuk memberikan pendapatnya masing-masing.

Nah kita akan melihat blog yang satu ini http://ihateindon.blogspot.com/ tentu akan membuat hati kita tergerak untuk ikut berkomentar dan paling tidak hati kita tersentak. Dari nama blognya saja udah tergambar bahwa yang buat blog ini tidak suka kepada negeri kita , indonesia. Yang mana kalau warga kita yang bekerja di Malaysia dan Singapura disebut warga indon. Maka sudah jelas blog ini bertujuan untuk menyudutkan kita.

Memang kita akui bersama bahwa di negeri kita memang lagi dalam proses perubahan dari segala sisi kehidupan. Dan kalau boleh jujur, ekonomi kita memang sedang terpuruk dan bukan hanya dalam bidang ekonomi saja, tapi bidang hukum, bidang pendidikan dan hampir semua bidang kehidupan negara kita. Itu memang kita “akui”. Tapi bagi kita cukuplah ini sebagai masalah dalam negeri kita dan tidak ada sangkut pautnya dengan negara lain.

Masalah dengan negara tetangga ini sebenarnya masalah yang sudah lama dan merupakan urutan sejarah yang panjang. “Kenapa indonesia benci malaysia” atau sebaliknya “kenapa malaysia benci indonesia”. Dilihat dari sejarah penyebab masalah itu, lalu tidak terselesaikan dan berbuntut panjang sampai ke generasi berikutnya, maka masalah lalu merembet ke hal-hal yang lain. Dan bila tidak ada perubahan dan kesepakatan dari kedua belah pihak maka ketegangan akan timbul terus sampai generasi berikutnya.

Kalau kita dan pemerintahan kedua negara bersepakat untuk menghentikan nya pasti bisa. Karena kalau tidak dihentikan maka pengaruhnya akan sampai kepada anak cucu kita dan terus akan berlanjut. Lihat saja Jerman, yang dulunya terbagi menjadi Jerman barat dan Jerman timur saja bisa menjadi satu yaitu “Jerman”. Kenapa kita tidak bisa….!!!

Jadi sudah waktunya kebencian dihentikan. “STOP Permusuhan”. Karena permusuhan hanya akan mengakibatkan kehancuran. Hapuskan masa lalu, yang berlalu biarkan berlalu. Malaysia dan Indonesia adalah negara serumpun yang berbudaya. Mari kita tanamkan kepada anak cucu kita untuk tidak membenci suatu negara lain, tapi bagaimana membina mereka untuk cinta kepada negaranya dan menghormati negara tetangga.

Jadi …mari kita galang persatuan dan kesatuan untuk bangsa ini……!

“Bangkitlah bangsa ku, mari keluar dari keterpurukan ini”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: