Blogger, WordPress dan Multiply

Mau ngeblog, atau sekedar corat-coret tulisan? Nah silahkan gunakan fasilitas blog atau web blog. Memang ngeblog merupakan pekerjaan untuk aksi tulis-menulis sekaligus mencurahkan isi hati kita masing-masing.

Banyak sekali fasilitas gratis yang tersedia di internet dan mereka mempunyai aturan masing-masing. Bagi yang ingin mulai ngeblog, silahkan pilih blog yang menurut anda cocok. Untuk memilih layanan blog juga disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan dari pemakai itu sendiri, misalnya blog yang bertujuan hanya untuk sekedar memberikan informasi, untuk bisnis, untuk upload lagu dan lain sebagainya.

Ada beberapa layanan blog yang saya amati untuk pemakai blog dari Indonesia dan ini merupakan layanan blog yang paling banyak diminati. Layanan blog tersebut antara lain blogger, wordpress dan multiply. Selain itu ada juga layanan blog yang lain seperti indoblogger, blog im3, blog friendster dan lain-lain.

Nah, disini khusus dibahas mengani blogger, wordpress dan multiply, sehingga bagi pemula yang ingin ngeblog bisa menentukan blog mana yang ingin digunakan sesuai dengan kebutuahn masing-masing.

Blogger.com

blogger.jpg
Blogger.com merupakan layanan blog milik google.com. Blogger.com mendukung javascript sehingga anda bisa membuat sendiri templatenya. Selain itu template bisa juga anda ambil dari internet yang banyak bertebaran secara gratis. Karena mendukung Javascript maka berbagai macam animasi bisa anda tambahkan untuk blog anda. Bisa juga anda tambahkan shoutbox / buku tamu untuk pesan singkat dari pengunjung. Untuk yang mau bisnis adsense blogger.com merupakan pilihan tepat, karena memang diperbolahkan. Anda tinggal copy kode adsense lalu pastekan pada bagian templatenya. Cuma untuk bagian komentar dari pengunjung, pada blogger.com ini akan berada pada halaman baru, artinya tidak langsung nampak pada kolom isian di bawah postingan anda, sehingga untuk memberikan komentar agak ribet. Akibatnya banyak pengunjung yang mengisi shotubox dari pada mengisi komentar. Kemudian blogger.com sudah mendukung bahasa Indonesia.

WordPress.com

wordpress.jpg

WordPress.com merupakan layanan blog yang banyak memiliki fitur dan kaya akan fasilitas. Semua template sudah disediakan dengan bentuk yang sangat bagus, anda tinggal pilih saja. Tapi blog ini tidak mendukung java script, sehingga tidak bisa dan tidak boleh dipasangi adsense. Anda pun tidak bisa merubah layout yang sudah disediakan dan tidak bisa dipasangi shoutbox. Tapi kelebihannya untuk mengisi komentar dari pengunjung langsung berada dibawah postingan, jadi tidak perlu ke halaman baru. Rata-rata pengunjung akan memberikan komentarnya lebih banyakmelalui blog wordpress.com dari pada blogger.com. Lalu WordPress ini juga sudah mendukung bahasa indonesia.

Multiply

multiply.jpg
Blog layanan dari multiply ini lain lagi, blog ini berisi iklan secara otomatis dari pihak multiply.com, sedangkan wordpress.com dan blogger.com tidak ada iklan yang ikut di blog kita. Kemudian juga tidak mendukung bisnis adsense serta javascript sehingga template yang digunakan tidak bisa dirancang sedniri seperti layaknya di wordpress.com. Kemudian bila pengunjung ingin memberikan komentar di blog kita, maka syaratnya pengunjung harus terdaftar juga di multiply. Kelebihan dari blog ini adalah menyediakan fasilitas upload musik dan video yang bisa di download oleh pengunjung dengan kecepatan yang masimal. Untuk multiply sampai saat ini sepertinya belum ada versi bahasa indonesianya.

Bagaimana dengan anda? mau pilih yang mana? Silahkan anda coba dulu semuanya juga boleh, karena semuanya adalah gratis 100 persen. Setelah anda mencobanya maka akan tahu kelebihan maupun kekurangan masing-masing serta kebutuhan dari anda sendiri. “Selamat mencoba”.

18 Tanggapan

  1. wiks, pertamax!
    kalo saya setelah setahun lebih pake blogspot, sekarang pindah ke lain hati: wordpress. tentu ada kekurangan dan kelebihan masing-masing. kalo diungkapin disini nanti kepanjangan kaya postingan…

    ya.. itulah maka saya memberikan gambaran tentang ketiga layanan blog diatas, supaya kita bisa memilihnya.. thanks…!!

  2. keunggulan wordpress yang membuat saya pindah adalah kebebasan berkomentar tanpa login (tapi ada email dan link). kalo blogspot kan pilihannya cuma anonymous atau anggota. disamping itu juga sepertinya komunitas di sini lebih rame dan relatif mudah dicari.

  3. kelebihan wordpress ini kita lebih mudah ,dan tanpa registrasi terlebih dahulu,sehinga memudahkan kita untuk memberikan comment,dan banyak peminatnya.

  4. […] kekurangan, dan kelebihan masing2 anda bisa tanyakan saja langsung ke si penggunanya atau klik sini dan kalau mau tau lebih banyak dan lengkap lagi tanya ke eang google ya!. kalau saya sendiri seh […]

  5. Lagi hobi pake wordpress😀
    Multiply g bisa donlot lagi c

  6. ok deh….
    terima kasih banayk buat infonya…

  7. saya mantap pake wordpress karena google friendly, salam kenal🙂

  8. Yang saya rasakan lebih enak ngurusin tampilan pake wordpress daripada blogger. Cuma blogger lebih cepat ke index oleh google daripada wordpress🙂

  9. saya mau tanya gimana ya caranya membuat blog seperti website beneran..?

    webnya sangat bagus, jng lupa mampir ya ke websiteku!

    semoga kita bisa jadi teman…..!

  10. trima kasih tulisannya bermanfaat buat saya🙂

  11. Kalo saya si, coba semuanya. wordpress, blogspot dan multiply
    1. http://rosadtea.wordpress.com
    2. http://dris19.multiply.com

  12. Saat ini aku masih di blogger, dan nampaknya pengen nyoba wordpress… Mo ngetest aja mana yg lebih enak. Makasih ya infonya…

  13. Assalaamu’alaykum..

    untuk newbie enak pake blogger🙂 cz blogger tidak repot untuk memasang scripts yang ‘bergelimpangan’ di penyedia scripts.🙂 Klo untuk advanced mah pake wordpress lebih enak. dan tidak serumit pake joomla. Pke wordpress misalnya harus mengedit seputar PHP di templatenya apabila template ingin dimodif sesuai dengan keinginan kita.🙂

    Wassalaamu’alaykum..

  14. bener2 bermanfaat
    tq y

  15. Artikel y bgs. Jd wordpress g bs dpt iklan?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: