Pak Harto, kontroversi jadi pahlawan

Bapak Suharto baru saja wafat pada hari minggu tanggal 27 Januari 2008 pukul 13:10. Dalam kaitan ini berbagai koementar dan pandangan datang dari berbagai elemen. Ada yang bisa melepaskan begitu saja, ada yang punya prinsip Suharto harus tetap diusut dan lain sebagainya.

Kami sebagai rakyat kecil, hanya bisa membaca sejarah dan melihat informasi dari berbagai sumber. Sehingga informasi yang terekam di benak kami tentu itulah yang kami dapat. Sejak kami kecil, kami sudah belajar tentang bagaimana sejarah perjuangan bangsa ini merebut kemerdekaan yang tentunya dengan pengorbanan apa saja baik harta bahkan nyawa sekalipun.

Dan seandainya sejarah itu dibelokkan yang artinya mungkin tidak sesuai dengan yang sebenarnya kami juga tidak tahu. Karena yang lebih tahu tentunya yang hidup pada waktu itu dan mungkin mengalami sendiri kejadian itu.

Kalau kita bandingkan dengan pahlawan pada waktu mengusir penjajahan tentu sangat berbeda dengan pahlawan sekarang ini. Kalau pahlawan waktu itu, semua berkonsentrasi untuk mengusir penjajahan dan mungkin berhasil dengan gemilang dan langsung ditetapkan sebagai pahlawan nasional. Nah, kalau yang sekarang ini, kita tidak berperang lagi melawan penjajah tapi melawan kemiskinan, keterbelakangan, dan keterpurukan. Nah, jadi siapa yang bisa membawa bangsa ini kedalam keadaan yang lebih baik, penuh kedamaian dan kemakmuran dalam arti yang memang diakui oleh bangsa sendiri dan mungkin oleh dunia, itulah yang bisa disebut sebagai pahlawan.

Lalu, bagaimana bila mempunyai 2 sisi yang saling bertolak belakang. Dia membawa ke dalam kemakmuran tapi disisi lain juga ada dugaan KKN, seperti yang dialami Pak Harto. Ini sebaiknya harus diluruskan dulu sejarah bagaimana sebenarnya bangsa ini, terus harus dibuktikan di pengadilan kalau pak Harto memang bersalah atau tidak bersalah. Kalau sudah jelas baru di umumkan kepada rakyat. Inilah sebenarnya Pak Harto, baru layak atau tidak pak harto menjadi pahlawan nasional. “Jangan cuma di diamkan saja”.

3 Tanggapan

  1. oalah.
    mas…apik tenan blognya. piye ngebikinnya ini?

  2. Pak Harto memang sudah menjadi bagian dari sejarah bangsa ini, ada yang menyanjung beliau sebagai pahlawan pembangunan, ada juga yang merendahkan beliau sebagai bagian dari masa lalu yang juga berperan dalam menjerumuskan bangsa ini kedalam keterpurukan ekonomi, kemiskinan, pengangguran, korupsi, kolusi, nepotisme dan banyak lagi katanya ??!!
    tapi itulah kenyataan yang tidak dapat dipungkiri bahwa beliau telah mewarnai perjalanan bangsa ini dengan warna yang sangat kontras. tapi sudahlah beliau telah pergi dengan membawa kenangan yang penuh kesan bagi setiap genersi yang beliau lalui dalam perjalanan hidupnya, tidak ada manusia yang sempurna. Seperti juga the founding father bangsa ; Dr(HC). Ir. Sukarno, beliau juga pergi lebih dulu dengan membawa serta banyak misteri perjalanan bangsa ini yang tidak terungkap sampai saat ini. Biarkanlah beliau-beliau pergi dengan tenang, kita do’akan semoga kebaikannya terhadap bangsa ini selama hidupnya dilipatgandakan ganjarannya pahalanya, sehingga dapat meringankan timbangan keburukannya. Sedangkan karyanya yang tidak menyenangkan seluruh komponen bangsa ini tidak menjadi CONTOH bagi generasi penerusnya. Wallahu a’lam.

  3. you’re really a excellent webmaster. The site loading pace is amazing. It seems that you’re doing any distinctive trick. Furthermore, The contents are masterwork. you’ve done a great process in this subject!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: