apakah zamannya saling mencaci

Aku udah lama gak posting nih, kangen juga rasanya. Na aku pilih membahas fenomena permusikan kita saat ini. Tentang musik indonesia saat ini, apa yang terjadi saat ini…?

Memang aksi cemooh dan menghina pihak lain sudah ada sejak dulu, tapi mungkin kita tidak tahu karena terbatasnya informasi dan komunikasi. Nah sekarang karena adanya internet dan media lain, maka seakan-akan orang bebas untuk berbicara dan berkomentar. Lebih-lebih media internet yang memang tidak ada yang bisa membendungnya. SEmua orang boleh berbicara, boleh berkomentar dan boleh ngomgong apa adanya. Tapi apakah … harus ngomong sebebas-bebasnya tanpa melihat pihak lain yang juga punya hak untuk di hargai.

Saling mencaci dan mengina sudah hampir merambah ke semua bidang. Bidang politik apalagi, memang suda dari dulu, nah sekarang malah bidang musik. Terutama untuk musik atau band yang lagi naik daun.. sudah banyak cercaan dan hinaan yang datang. Dulu sheila on seven.. juga pernah menjadi hinaan, terus radja kemudian dewa. Bahkan menghina saat sekarang ini malah melalui lagu. Kangen band yang baru muncul pun, menjadi perbincangan dan hinaan di forum-forum dan jagat internet. Kemudian agnes monica juga tidak luput dari hal tersebut. Dan sekarang Duo maya, juga tak ketinggalan menjadi sasaran hinaan lewat lagu dan kebanyakan mereka dihina melalui lagu rap.

silakan cari di google dengan kunci “duo maya dihina” atau “kangen band dihina” atau yang lainnya, maka akan muncul artikel yang berubungan dengan hal tersebut.

Fenomena apa ini ?….! kenapa ranah musik kita seperti ini…? Apakah yang salah.. dan siapa yang salah..? ataukah memang demokrasi dan negara yang akan maju harus seperti ini…? Orang bebas dan bebas untuk berbuat apa saja…? Ataukah ini proses perubahan dari negara berkembang menjadi negara maju, atakah negara maju yang berubah ke arah peradaban yang lain.

Sejuta tanya terus menghantui aku, walaupun aku tidak berkecimpung di musik, namun selalu saja berdengung di hati, ada apa sebenarnya….!

Walau bagaimanapun orang punya harga diri yang mesti di hargai oleh orang lain. Karena semua itu akan berpengaruh terhadap diri kita sendiri dan dunia musik indonesia secara luas. Kalau hal ini terus dibiarkan maka dunia musik kita akan berkembang menjadi dunia musik yang berisi tentang hinaan dan cacian sesama musik lainnya. Lalu orang lain akan menyoraki kita dan bertepuk tangan , sementara kita terus berkelahi sana-sini.

Memang sebuah karya bukan hanya musik, yang lainnya juga seperti komputer, tekhnologi, undang-undang tidak lepas dari kontra oleh sebagian orang dan ini wajar karena itulah perbedaan. Dan ini merupakan kritikan dan masukan untuk pembuat karya supaya lebih baik di masa depan dengan catatan kritikan yang sifatnya membangun, bukan hinaan dan cacian. Karena sangat berbeda antara kritikan yang membangun dengan hanya sebuah hinaan. Apaagi sebuah lagu yang berisi lirik yang berisi kata-kata kotor sangat tidak sopan dan tidak etis untuk diucapkan, ingatlah para pembuat lagu yang berisi hinaan terhadap orang lain…!sekali ditulis di ranah internet tidak akan hilang sampai kapanpun, karena akan di copas yang saling sambung-menyambung bahkan sampai ke anak cucu, dari generasi ke generasi berikutnya.

Tapi anehnya, kenapa lagu rap yang sering menghina jenis musik lain. Mungkin pembuat lagu tidak mengatasnamakan jenis lagu itu, tapi secara langsung atau tidak langsung akan mempengarui komunitas rapper. Yang jelas akan menurunkan citra dari jenis lagu itu sendiri. Takutnya nanti lama-lama orang berpikiran kalau lagu rap itu lagu yang sering mengina orang lain, sehingga malah pada gak suka dengan lagu tersebut. Jadi, buat penggemar lagu rap, atau komunitasnya harap hati-hati atau bakan sebaiknya menentang lagu tersebut atau paling tidak membuat sebuah pernyataan kalau lagu itu bukan atas nama komunitas rapper tapi atas nama pribadi.

Dan buat pecinta musik indonesia, baik musisi, penggemar, produser, dan semua komponen yang berubungan dengan musik indonesia, saya serukan dan mari sama-sama mulai sekarang “STOP CACIAN”. Tapi kritikan dan masukan tetap dibutuhkan walau lewat lagu, silahkan dengan cara-cara yang sopan, masak ini dengan kata-kata yang sangat kotor, barang kita sendiri disebut. “Bener-bener perlu pencucian jiwa kali ye”. Walaupun kita tidak suka dengan band atau artis tertentu, silahkan ..tapi jangan menghina apalagi secara fisik, karena fisik kita itu adalah anugerah dari Tuhan. Bagaimana kalau Tuhan nanti marah sama kita, dan fisik kita dirubah-Nya, apaka kita sadar itu….!!

“TETAP MAJU MUSIK INDONESIA”, NETRAL MUSIK & TIDAK BERPIHAK

Satu Tanggapan

  1. wah pengikut zaman ni yeee..

    lagi2:

    listen at new window.!

    EMULTY DEMO 77

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: