Akuntansi Excel

 

Akuntansi sebagai salah satu ilmu ekonomi sangat berperan dalam membantu proses jalannya sebuah perusahaan.  Oleh karenanya perlu keahlian khusus bagi yang menjalankannya. Seiring dengan berkembangnya teknologi, akuntansi juga berkembang baik secara teori maupun dalam menggunakan teknologi tersebut.

 

Nah, aplikasi akuntansi ke dalam komputer intinya adalah bagaimana menginput data-data transaksi yang terjadi di dalam perusahaan tersebut. Apalalagi untuk perusahaan yang menengah ke bawah, tentu transaksi sudah sangat banyak sekali. Jadi, kalau masih menggunakan manual / catatan sebuah buku tentu akan sangat merepotkan. Untuk itulah perlu adanya sebuah program akuntansi yang praktis dan efisien sehingga menghasilkan laporan dengan cepat dan tepat.

 

Sebuah contoh program aplikasi akuntansi misalnya : GL, DEA, MYOB, Zahir, dan lain sebagainya. Untuk jenis program diatas adalah merupakan program yang siap pakai, dan tentu fitur-fitur maupun tata caranya kita harus mengikuti langkah-langkah yang sudah disediakan. Kemudian untuk mendapatkannya harus mengeluarkan biaya sebagai lisensinya.

 

Nah, bagaimana bila sebuah perusahaan ingin membuat sendiri bentuk laporan keuangan, tanpa harus mencari programmer akuntansi ? Ya, solusinya adalah Akuntansi Excel. Artinya menggunakan program Ms. Excel untuk mencatat transaksi-transaksi keuangan sekaligus membuat laporan keuangan. Dan kita tahu, banyak orang yang sudah familier dengan program Excel, sehingga orang awam pun bisa membuatnya. Tidak perlu beli lisensi, karena lisensinya sudah satu paket dengan Microsoft Office. Tapi tentu program ini ada keterbatasannya, karena memang excel dibuat bukan khusus untuk program akuntasi, tapi setidak-tidaknya bisa untuk membuat laporan keuangan sebuah perusahaan.

 

Untuk membuat akuntansi excel, kita bukan hanya menginput data-data saja, tapi merancang program tersebut sehingga untuk menginput data bisa kita sendiri ataupun orang lain. Istilahnya kita adalah programmernya lah. Tapi programmer kecil-kecilan ya, karena tidak perlu bahasa pemrograman yang rumit seperti VB, C++, Delphi. Cuma rumus-rumus di excel kita kembangkan sendiri. 

 

Contoh screenshoot Akuntansi Excel

akuntansi

6 Tanggapan

  1. nice blog,
    main main yuk ke
    http://www.siamang.tk

    salam kenal,,,,

    salam kenal kembali, thanks ya atas kunjungannya..di rumah ku

  2. Akuntan nih? Samaan yah hihihi Salam akuntan! halah

    Yup.. cuma sedikit berbagi ilmu nih… mana tahu berguna.. bisa dong kita sharing… tentang akuntansi..thanks…

  3. Salam kenal, artikelnya bagus Mas. Kunjungi http://xclmedia.com ada beberapa aplikasi Excel di antaranya APLIKASI AKUNTANSI EXCEL, GENERAL LEDGER EXCEL. Semua program siap pakai, DOWNLOAD GRATIS Sampel + Ebook.

  4. bantu kita dong!!!!!!!toloooooooooooooooooooooong,,,,,nanti tuhan tolong anda juga.

    Apa yang bisa dibantu nih..Mr Black..

  5. numpang promo aplikasi akuntansi excel … masih amatiran sih maklum gratisan dan baru belajar
    http://norkuys.wordpress.com/2010/11/11/xlaccdumb-aplikasi-akuntansi-excel/

  6. Pengen donkk ,, lbih lancar dlam menganalisis akuntansii . bdw dlam akuntansi yang paling terpenting atau yang bnyak dibtuhakn dlam perusahaan apa ? dan rumus.y bgaimna .

    thankyou

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: