Tekhnologi dan perubahan zaman

Sekarang kita hidup di zaman serba cepat.  Perubahan yang terjadi di belahan dunia lain baik di barat maupun timur, di utara maupun di selatan, semuanya dengan mudah kita ketahui.  Perkembangan dan penemuan baru baik dari segi rumusan, analisa maupun berupa peralatan tumbuh dan berkembang dengan dahsyat.  Mereka berlomba dan bersaing untuk menciptakan hal-hal yang baru berupa produk maupun jasa yang selalu siap di lempar kepasaran dan dinikmati oleh manusia lainnya.

Hadirnya sebuah teknologi membawa dampak dan perubahan yang sangat besar bagi kehidupan manusia.  Mulai dari image manusia itu sendiri, gaya hidup, kebutuhan dan lain sebagainya.  Dan hal-hal yang dulunya tidak terungkap dan mungkin tabu sekarang sudah menjadi konsumsi publik dan patut dibicarakan.  Yang dulunya sesuatu yang rahasia sekarang tidak bisa rahasia lagi, yang dulunya mungkin berlaku bagi orang tertentu, sekarang sudah berlaku umum.

Berikut analisa dari saya sebagai akibat adanya teknologi dan perubahan zaman :

1. Perubahan gaya hidup

akibat adanya perkembangan teknologi manusia ingin memanfaatkan teknologi tersebut untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dengan cepat.  Semuanya harus serba cepat, karena kalau masih menggunakan cara-cara yang lama, maka akan ketinggalan dari orang lain.  Dan ini tentunya harus menggunakan teknologi tersebut yang harus dibeli.  Sehingga kita tidak heran sekarang banyak tukang sayur dan penjual es keliling sudah menggunakan Handphone. Anak-anak sekolah SD sudah mempunyai HP bahkan Sepeda motor.  Dalam satu rumah minimal harus ada sepeda motor 2 buah.  Karena suami dan istri sama-sama berkarir untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

2. Hubungan sosial antar manusia semakin pudar

Bayangkan kalau semua sudah bisa dilakukan di rumah.  Bekerja cukup duduk di depan Laptopnya, makan sudah ada yang mengambilkan, semuanya sudah ada yang melayani. Akibatnya jarang keluar rumah, sehingga tetangga kiri kanannya banyak yang tidak di kenal. Yang di kenal sebenarnya banyak, tetapi semuanya di dunia maya, bukan di dunia nyata. Bahkan dalam rumah tangga sendiri mempunyai dunianya masing-masing.  Ayah punya bisnis sendiri, Ibu juga punya bisnis sendiri.  Anak-anak pun sudah punya kehidupan masing-masing.

3. Derasnya arus informasi

Beragam informasi yang diterima masyarakat mengakibatkan tidak terkontrol nya segmen dari penerimanya.  Yang sebenarnya untuk konsumsi dewasa tapi malah anak-anak yang menerima, begitu juga sebaliknya.  Sehingga hal ini juga berakibat adanya perubahan perilaku dan gaya kehidupan anak-anak.  Maka sekarang ada kontes anak-anak tapi malah menyanyikan lagu dewasa. Dan lagu anak-anak sekarang sudah tak terdengar lagi, karena kalah pamor oleh penyebaran informasi yang lebih dominan orang dewasa.  Kemudian begitu mudahnya penyebaran gambar maupun video yang berbau anarkis, pelecehan seksual, peghinaan, isu, propaganda juga sangat mudah disebarkan.

 

Kesimpulan

Dari hal-hal diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa :

  1. Tekhnologi membawa perubahan yang sangat besar bagi manusia dari semua aspek kehidupannya.
  2. Tekhnologi seperti sebuah pisau yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia, tetapi bisa juga bisa untuk membunuh manusia.
  3. Arus informasi tidak dapat dibendung.  Yang bisa kita lakukan hanyalah menyaring dan memfilter informasi yang kita terima. Ada yang mengatakan “Ikutilah arus, tetapi jangan sampai terikut pada arus.”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: