Ular berkaki empat

RENGAT – Warga Kota Rengat, Indragiri Hulu, Provinsi Riau, dihebohkan penemuan ular aneh. Ular berwarna hitam tersebut memiliki empat kaki. Adalah Bujang, pemuda berusia 26 tahun, yang memelihara binatang langka tersebut.

ular

Bujang yang sehari-hari bekerja sebagai loper koran itu menyimpan ular aneh tersebut dalam botol air mineral. Panjang ular itu sekitar 15 sentimeter.

Secara kasatmata, ular tersebut terlihat memiliki empat kaki. ”Mungkin ini masih anaknya, tapi saya juga nggak tahu nama binatang ini,” ucap Bujang yang saat itu didampingi rekannya, Berto.

Dia menuturkan bahwa ular tersebut diperolehnya dari seorang warga di Desa Rantau Mapesai, Rengat Seberang, Kecamatan Rengat, Minggu pagi lalu (15/2). Warga tersebut menuturkan, ular berkaki empat itu ditemukan di selokan kecil depan rumahnya.

Karena tidak mengetahui jenis binatang itu dan kebingungan memeliharanya, warga tersebut memberikannya kepada Bujang. ”Saya sendiri juga tidak tahu, tapi belum lama ini saya pernah baca di koran, binatang seperti ini pernah ditemukan di Kalimantan dan tergolong langka,” ujarnya.

Ular berkaki empat milik Bujang itu mirip salamander, vertebrata yang hidup di dua alam (amfibi) yang tergolong dalam kelas amfibi yang berekor dan berkaki (caudata/urodela). Ahmad Muhammad, dosen biologi fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam (FMIPA), menduga binatang itu masuk jenis kadal. Hewan tersebut memang sangat langka. ”Setahu saya, ini yang pertama ditemukan masyarakat di Riau, tapi mungkin juga di Sumatera. Namun, saya tidak tahu pasti. Kalau di Kalimantan saya pernah dengar,” ungkap alumnus Universitas Gajah Mada itu.

Sumber : jawapos

15 Tanggapan

  1. Wah saya pernah nampak juga dulu Mas. Tetapi lupa di hutan mana, yang jelas spesies seperti ini memang ada. Kayaknya masih keluarganya kadal. Tapi gak tahu juga, soalnya belum sempat cek di kartu keluarganya.🙂

  2. spesies baru kali ya…takutnya nanti kalo jd besar..kek yg di film2 dunx ya….pemakan manusia…hiii….:)

  3. jujur…saya paling takut sama ular…..hikz….

  4. saya sama seperti diajeng, takut ulaaaarrrr…

  5. saya paling jijik ama tikus got… gede, item, jelek.. sereeem..

  6. paling evolusinya ular purba tapi gak sempurna.
    http://tforce2009.wordpress.com

  7. Jah jah jah jah,,,,, banyak di kotaku tuh ular, malahan sama anak anak buat mainan, katanya langka,,,, langka dari itali,,,!ckakakaka! N tuh ular kalo di tempatku ada 2 warna, yaitu cokelat dan hitam…. Sering di temukan di semak2 deket got, buangan air, sungai, dan pokoknya yang kotor2… Itu kayak kadar tapi larinya kayak ular….!! Datang aja ke jawa… N cari tuh ular…! Banyakkkk

  8. Jah jah jah jah,,,,, banyak di kotaku tuh ular, malahan sama anak anak buat mainan, katanya langka,,,, langka dari itali,,,!ckakakaka! N tuh ular kalo di tempatku ada 2 warna, yaitu cokelat dan hitam…. Sering di temukan di semak2 deket got, buangan air, sungai, dan pokoknya yang kotor2… Itu kayak kadar tapi larinya kayak ular….!! Datang aja ke jawa… N cari tuh ular…! Banyakkkk😥😥😥😥 :

  9. itu anak kadal…

  10. Saya menemukan ular berkaki empat berwarna hitam. Di temukan di ds.muncul kec.serpong kab.tangerang banten jam 18.10

  11. ehm…??? Msh binggung, itu ap, soalny lum pernah liat at dengr jg.

    • dulu waktu gw kecil pnah ada hwan kya gtu tp dibunuh ma emak gw ,, ca ngga tau ,, siii , taune ular

  12. saya punya dirumah, masih hidup dah lumayan lama saya pelihara.. lihat di http://www.reptilx.com saya posting disana

  13. wah saja di jatim juga pernah menemukan,pas saya lgi bersih bersih belakang rumah

  14. sungguh kuasa mu ya allh menciptakan berbagai ke unikan

Tinggalkan Balasan

