Ponsel bahasa Jawa dan Sunda

Wah, teknologi sekarang makin inovatif aja.  Semua produk dibuat dengan berbagai variasi dan fitur yang memanjakan penggemarnya. Semua lini dan segmen pasar dibidik untuk mendapatkan peluang pasar.

sonyKini, Sony Erricson menghadirkan ponselnya dalam fitur bahasa jawa dan sunda. Mungkin ini merupakan eluang yang sangat berpotensi bagi Sony Erricson untuk merebut dari sisi fitur bahasa. Mungkin bagi mereka yang masih sulit menggunakan bahasa Indonesia, akan lebih mudah menggunakan bahasa ini.  Tapi apa masih ada orang Indonesia yang belum bisa berbahasa Indonesia? Saya rasa kemungkinannya kecil sekali orang Indonesia yang tidak bisa pakai bahasa Indonesia. Tapi kenapa Sony Errcson ini berani mengeluarkan produk dengan fitur tersebut? Ya, kita tidak tahu strategi marketing mereka. Analisa saya, Memang bahasa secara umum orang Indonesia bisa berbahasa Indonesia, tapi dalam kenyataan sehari-hari orang banyak juga menggunakan bahasa daerah. Bahasa Indonesia digunakan dalam lingkungan resmi, perkantoran dan pemerintahan.  Tapi masih banyak juga di lingkungan resmi pun orang banyak juga menggunakan bahsa daerah. Ini artinya bahasa Daerah masih banyak dipakai dan digunakan.  Dan ini menurut saya juga bagus. karena kita juga harus melestarikan bahasa daerah. Karena sudah berapa bahasa daerah Indonesia ini yang hilang karena tidak ada yang menggunkannya atau melestarikannya. Dan, inovasi ini saya kira sangat bagus, karena selain melestarikan bahasa daerah juga memudahkan bagi mereka yang sering menggunakan bahasa daerah.

Produk Sony Erricson berbahasa Sunda ini terdiri dari dua seri yaitu W302 dan S302 dan sudah diluncurkan pada akhir 2008 tahun lalu.  Jadi bagi orang Sunda dan orang Jawa.  Selamat menikmati layanan baru ini. Dan dengar-dengar mereka juga akan meluncurkan dalam versi bahsa daerah lainnya.

sumber : kompas

3 Tanggapan

  1. kalau bahasa binatang ada tak
    hehehe

  2. btw, ada post baru tuh dirumah ane

  3. Assalamu’alaykum…

    Waah sepertinya lucu yah klo pake bahasa sunda hehe…, tapi ini bagus juga sih biar bahasa daerah kita jadi terkenal😀

    O..ya, akasih yah sudah mampir dan salam kenal…🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: