Belajar dan terus belajar

bookTuntutlah ilmu setinggi langit

Tuntutlah ilmu dari ayunan sampai liang lahat

Tuntutlah ilmu sampai negeri china

Ya.. ungkapan itu sudah tidak asing lagi bagi kita, Ilmu tidak akan pernah habis. Semakin digali maka kita seolah-olah kita malah bertambah bodoh. Artinya semakin banyak kita tahu rupanya banyak juga yang tidak kita tahu. Karena ilmu itu sangat banyak dan tidak akan pernah habis. Ibarat lautan yang kita ambil airnya maka seolah-olah tidak berkurang air tersebut.

Tapi ilmu yang telah kita dapatkan haruslah diamalkan. Karena bila kita mencari ilmu dengan susah payah, tapi tidak diamalkan maka tidak ada artinya, bahkan ilmu tersebut akan hilang dengan sendirinya. Baik ada imbalan atau tidak maka ilmu harus diamalkan, diasah dan bermanfaat bagi sesama manusia. Mari kita belajar dan terus belajar. Tidak ada orang yang bodoh kalau dia mau belajar. Yang ada adalah cuma kelebihan dan kekurangan, dan itu wajar sebagai manusia.

Karena manusia itu lebih satu dan kurang satu. Ada kelebihan dan kekurangan. Mungkin di satu sisi dia pandai tapi disisi lain dia ada kekurangannya. Karena itu kalau ada orang mengklaim dririnya pandai, biasanya meremehkan orang lain dan pada akhirnyan dia sendiri malas untuk belajar lagi dan pada akhirnya ilmu tidak bertambah. Karena itu jadikan ilmu sebagai alat untuk saling membantu yang lain, dengan ilmu jangan membuat jadi sombong dan meremehkan orang lain.

“Ilmu yang sedikit dan bermanfaat lebih baik dari pada ilmu yang banyak tapi tidak bermanfaat”

Satu Tanggapan

  1. belajar memang tidak ada habisnya karena ilmu juga tidak ada habisnya..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: