Sock atuh basa Sunda

bukan mau mengunggulkan suatu daerah tertentu. Karena saya sendiri bukan orang sunda tapi orang jawa. Tapi kalau lihat orang sunda bicara sama orang sunda, rasanya ingin juga tahu dan bahkan ingin ikut bergabung dan ngomong bahasa mereka. Kenapa begitu..? ya.. aku juga nggak tahu. Yang jelas kalau kita punya banyak bahasa tentu lebih enjoy dan senang.

Di kantor aku pun sebenarnya, sebagian besar bukan orang sunda. Tapi orang minang yang merupakan komunitas terbesar di kota ini. Nah, kalau bahasa minang, aku sudah paham dan mengerti. Untuk ikut bicara pun sudah bisa, artinya untuk bahasa yang biasa di gunakan sehari-hari sudah bisa mengikuti. Nah, pengen juga rasanya belajar bahasa lain. Karena di Indonesia ini mempunyai beragam suku bahasa dari Sabang sampai merauke. Entah berapa banyak bahasa dan suku yang ada di Indonesia ini, dan kita sebagai generasi muda harus melestarikan budaya yang ada di Indonesia, terutama bahasa daerah. Ada iklan di kota kita ini, yaitu Gunakan bahasa Indonesia dan pelihara bahasa daerah. Ya, tentu kalau ingin memelihara bahasa daerah ya harus digunakan, tapi harus lihat juga kondisi lingkungan yang ada. Kalau ditempat umum dan perkantoran yang banyak berbagai macam suku, tentu kita harus gunakan bahasa Indonesia. Tapi kalau bersama dengan orang sekampung kita, tidak apa-apa kita gunakan bahasa daerah. Intinya “Tetap lestarikan bahasa daerah

Terjemahan di atas :
enteu hayang ngunggulken suatu daerah tertentu. Karena abdi mah enteu jeulma sunda tapi jeulma jawa. Tapi lamun tingali urang sunda nyarios jeng urang sunda, hayang oge nyahok….. wah..terusnanya agak ribet nih.. bantuin dong …masalahnya sedang belajar juga nih..!

Saha anu tiasa ngartiken kalimat iyek akang, teteh, sadayana:
1. sebenarnya kamu orang mana sih
2. Untuk ikut organisasi itu bagaimana sih caranya?
3. Jangan pergi sekarang, karena situasinya berbahaya.

8 Tanggapan

  1. nepangkeun, wasta simkuring Muhamad Husen Ali.
    simkuring bingah ninggali aya anu resep kana basa sunda.

  2. hatur nuhun.. kang ges datang ka imah abdi. engke iraha-iraha urang nyarios deik…!

  3. Waduhh… tiasa nyarios bahasa sunda??
    aku mau coba artiin yah😉
    1. saleresna anjeun teh orang mana??
    2. lamun bade ngiringan organisasi kumaha carana??
    3. teu kenging angkat ayeuna,situasina bahaya

    ya itu aja kali yah, salam aja dech dari orang sunda asliiii…🙂

  4. sono oge nyarios basa sunda, da geuningan tos lami nyaba ka jakarta teh….kumaha daramang orang bandung? meuni pangling ari uih ka bandung, nya jalan na, gedung na pokona mah sadanyana parangling….

  5. hartosna teh :
    1. Saleres na anjeun teh timana?
    2. Upami bade ngiringan organisasi eta, kedah kumaha carana ?
    3. Tong angkat ayeuna, teu sae kaayaannana “bahaya” bisi komaonam

  6. Walau nembe diajar bahasa Sunda tapi katingalina atos sae pisan nya……
    Punteun…….tiasa ngiringan nga gabung heuntue nya ? tepangkeun ieu abdi anu aya di kalimantan barat tepatna di Kabupaten Kapuas Hulu Kalimantan Barat. Salam Kenal we nya…….

  7. Ngiringan ah simkuring,hoyong ngobrol ku bahasa sunda.

  8. hayuk kang. abdi mah sakleresna resep nyarios basa sunda. Tapi sayang kang.. ayeuna teu’ ayak batur di kantor abdi nu ti urang sunda. batur abdi ti garut geus balik ka lembur.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: