Bisnis online..mungkinkah?

Bagi kita yang hidup di era abad ini, teknologi adalah sesuatu yang penting, kalau boleh dikatakan merupakan hal yang harus.  Kenapa demikian? Ya, kehidupan saat ini hampir semua bidang tidak terlepas dari peralatan yang makin hari makin canggih. Khususnya dunia internet yang sudah tidak asing lagi bagi kita, sudah merubah tingkah laku dan gaya hidup manusia.  Apalagi dengan murahnya perangkat dan akses internet membuat seseorang begitu mudahnya berinternet ria sambil jalan, duduk, tidur, bahkan sambil bercocok tanam atau memanen padi di sawah.  Sungguh ini merupakan perubahan gaya hidup baik di kota maupun desa.

Dari penggunaan internet yang makin berkembang luas, kebutuhan akan informasi makin tinggi.  Akhirnya informasi yang dulu berupa cetakan makin lama bergeser kearah digital. Survey beberapa waktu yang lalu di Amerika bahwa sudah banyak penerbit media cetak beralih ke media online.  Tren ini makin lama makin berlanjut sehingga lama kelamaan media online akan mendominasi seiring murahnya perlatan dan akses internet.  Kesimpulnnya bahwa pengguna internet makin lama makin banyak.  Hal ini tentu peluang bagi manusia untuk mengembangkan usaha dan bisnisnya.  Karena itu bisnis internet bisa saja menjadi penghasilan yang luar biasa baik perorangan maupun sebuah perusahaan.

Maalahnya kalau sebuah perusahaan sudah barang tentu telah menyiapkan modal besar dan kekuatan manajemen yang siap pakai.  Nah, kalau pribadi atau perorangan, mungkinkah bisa berhasil melakukan bisnis internet. Pertanyaan yang sederhana, namun punya jawaban yang tidak sederhana.

Membangun bisnis melalui internet (online) prinsipnya hampir sama dengan bisnis offline, bedanya hanya secara teknis saja.  Bisnis offline dan online harus punya modal, dan modal tidak hanya berupa materi (uang), namun bisa berupa non materi, misalnya skill, keahlian, pengalaman, persahabatan dan lain-lain. Prinsipnya bisnis online harus bekerja keras, pantang menyerah, tabah dan sabar, persis sama dengan bisnis offline.

Bagi perorangan yang belum punya modal materi yang cukup tentu akan mengandalkan modal non materi untuk bisa menggeluti bisnis online. Modalnya yaitu keahlian, ilmu, skill dan yang pasti selalu belajar dan terus belajar. Dari pengalaman penulis, memang untuk menjadi pebisnis online dengan modal diatas, ya harus benar-benar digeluti dan tidak hanya setengah-setengah.  Bisnis yang pernah penulis lakukan yaitu bisnis adsense. Dan selama menjalani bisnis ini mungkin karena pada awalnya belum pernah merasakan hasilnya, jadi waktu itu belum begitu semangat.  Kadang-kadang semangat, kadang-kadang istirahat dulu, bahkan sudah hampir patah semangat, sehingga waktu itu hampir dilupain. Tapi, sekali waktu itu iseng-iseng buka pendapatan adsense, rupanya sudah sampai batas pendapatan untuk bisa dicairkan.  Akhirnya penulis coba cairkan dan alhamdulillah uangnya cair. Dengan pengalaman tersebut, akhirnya kami semangat lagi untuk bisnis online.  Itulah pengalaman menggeluti bisnis online.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: