Konversi File ke PDF

File PDF merupakan format yang digunakan untuk bertukar informasi dokumen melalui internet.  Format PDF ini sebenarnya format khusus yang tidak boleh di edit atau dirubah, karena memang pengolah file PDF itu sendiri tidak ada, yang ada adalah Aplikasi pembaca file PDF misalnya Foxit Reader atau Acrobat Reader. File PDF harus dikonversi ke bentuk lain sehingga bisa di edit, misalnya menjadi dokumen Microsoft Word. Walaupun sudah banyak aplikasi konversi dari PDF ke Word, tetapi kebanyakan hasilnya tidak maksimal. Nah, kalau ini kebalikannya yaitu dari sebuah File yang kita buat di konversi menjadi PDF. Bagaimana caranya?

File dasar bisa berasal dari berbagai type. Bisa file dengan bentuk Word, Excel maupun Power point, bahkan bisa juga file HTML / halaman sebuah situs internet yang di convert secara online.

Untuk convert ke PDF kita butuh aplikasi tambahan baik secara online ataupun offline. Berikut beberapa cara convert ke PDF.

Secara Online:

  • Freepdfconvert, merupakan konversi ke PDF yang bersifat online ke internet, tentunya anda butuh koneksi internet setiap kali anda ingin mengkonversi file tersebut. File yang sudah di convert ke PDF akan dikirim ke email anda, Jadi masukkan email anda dengan benar.
  • Pdfonline, sama seperti diatas mengkorversi file Word ke PDF. Bahkan bisa kebalikannya dari PDF ke Word, PDF ke HTML, Web ke PDF dan bahkan layanan PDF di Iphone. Untuk konversi ini anda hanya memasukkan e-mail dan nanti akan langsung di kirim melalui e-mail tersebut.
  • Html-pdf-converter, merupakan konversi PDF dari halaman HTML, yang mana kita tahu bahwa HTML meupakan format text untuk web atau internet. Jadi anda bisa mengkorversi langsung halaman dari sebuah situs menjadi PDF secara online.

Secara Offline :
Walaupun offline, tapi awalnya tetap harus online. Karena anda harus download dulu dari internet, tapi bisa juga lho memang bener-bener offline dari awalnya, yaitu anda bisa minta ke teman, tetangga, adik, kakak atau siapa saja, he he he. Maksudnya begini, Anda butuh aplikasi baru yang diinstall di komputer. Jadi setiap mau konvert ke PDF tinggal pakai saja aplikasi tersebut, tidak harus terhubung ke internet. Ini contoh aplikasi nya :

  • doPDF, Aplikasi pembuat PDF ringan, hanya 3,94 MB. Dari hasil percobaan yang penulis lakukan file yang akan di rubah menjadi PDF bisa bertype Word, Excel dan Powerpoint, tetapi untuk Access sepertinya mengalami kendala alias tidak bisa. Kemungkinan File dari Ms. Access ini bukan merupakan sebuah Documen, tetapi ia merupakan program aplikasi pengolah data sehingga tidak bisa di convert menjadi PDF. Kalau ada yang mau coba, silahkan download aja disini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: