Alasan masih menggunakan Myob 13

Aplikasi Myob 13 sebenarnya merupakan versi yang sudah lama.  Berbagai versi terbaru dari Myob sudah di luncurkan.  Kita mengenal adanya Myob Versi 10, 12,13,17 dan yang paling terbaru adalah versi 18.  Untuk versi diatasnya lagi saya belum menemukannya.

Saat ini penggunaan Myob sudah meluas. Di pendidikan Sekolah Kejuruan Akuntansi merupakan pelajaran wajib yang harus di ikuti oleh siswanya. Di perguruan tinggi juga sebagian sudah ada yang memasukkan sebagai mata kuliah. Ada juga yang digabung dalam Mata Kuliah Akuntansi untuk praktikum di labor komputer.

Walaupun versi Myob terbaru sudah banyak bermunculan, namun di lapangan masih banyak yang menggunakan Myob versi lama khususnya Myob 13.  Hal ini ada beberapa sebab anatara lain :

  1. Setiap versi dari MYob tidak kompatible
    Data Myob yang dibuat menggunakan versi sebelumnya tidak dapat dibaca oleh versi terbaru.  Contoh data Myob 13 tidak dapat di buka menggunakan Myob 17.  Hal ini berakibat pengguna kesulitan dan kerepotan untuk melanjutkan penggunaan Myob versi lebih tinggi tersebut.  Bila harus berpindah ke Versi baru berarti harus mensetting data-data dari awal dan ini membutuhkan waktu dan tenaga extra.  Solusinya adalah berpindahnya sebaiknya di awal periode, sehingga cukup menuliskan saldo awalnya saja.
  2. Read only Aplikasi Myob jika  belum terdaftar
    Untuk setiap PC yang di instalkan program Myob harus memiliki lisensi legal dari perusahaan owner Myob. Pengguna diberi waktu mencobanya selama 29 hari.  Bila lebih dari itu maka aplikasi Myob bersifat read only artinya data-data Myob tersebut tidak dapat dirubah dan ini tidak bisa dilewatkan.  Karena itu supaya anda tetap terus bisa menggunakan Myob tersebut, anda harus membeli lisensinya di perusahaan resmi yang mengeluarkan produk Myob.
  3. Anggapan perintah-perintahnya hampir sama
    Bagi sebagian orang menganggap bahwa program Myob secara prinsip mempunyai perintah yang sama dan bentuk tampilan juga hampir mirip.  Jadi jika dengan Myob versi lama bisa menghasilkan Laporan yang cukup baik, kenapa harus pindah ke Versi yang terbaru.  Ini bisa jadi benar, karena sekilas memang tidak jauh berbeda dalam perintah-perintah menu maupun fitur-fitur yang ada, bahkan di versi terbaru ada fitur yang bertambah dan berkurang yaitu premier dan biasa.

Dari alasan-alasan diatas, kita sebagai pengguna mestinya memilih mana yang terbaik.  Masih tetap menggunakan versi lama atau versi baru, tetapi kalau ingin ada kemudahan dalam penggunaannya lebih baik memang menggunakan versi baru karena versi baru adalah pengembangan dari versi-versi sebelumnya yang tentunya merupakan perbaikan dari versi-versi sebelumnya.

Nah, dari alasan itu juga penulis membuat tutorial di blog ini adalah untuk Myob versi 13.  Walaupun anda sekarang mempelajari blog ini menggunakan Myob versi 13, bila anda sudah mahir, maka saya jamin untuk mempelajari Myob versi di atasnya tidak akan mengalami kesulitan.

26 Tanggapan

  1. bisa dapat cd bajakannya nggak bang……

  2. trims banyak ya bang…… mudah-mudahan abang bersedia berbagi ilmu ini lebih lanjut…

    trims banyak ya
    Yosi

  3. Bang aku mau cd bajakannya donk ada ga yah ? Aku lg butuh buat belajar neh ? Pleaseee…

  4. gan minta link downloadnya dung,lagi butuh banget nih.tks sebelumnya..

  5. Gan, tolong link downloadnya, ya. Thanks

  6. mas, tolong kirimkan link software’y myob 13 dong, udah beli buku panduannya, tapi CD’y ilang😀 tolong yak, tenkyutenkyu ..

  7. mas bro…
    krimin v.13 dong…

  8. new liker, minta bimbinganya gan, untuk tutorial myob 13, thanks

  9. Mas Prim,,, minta sofware myob v.13 donk… nyari gak nemu2..

    thanks yoo..

  10. Salam kenal mas prim, saya Asroel Kamal, mungkin suatu saat kita bisa saing berbagi dan berkerjasama tentang MYOB. Terima kasih atas tutorialnya, tips dan turotialnya sangat bermanfaat🙂🙂🙂

    • Salam kenal kembali….! Ya.. kebetulan hobi yang sama nih Pak. ! tutorial di blog Bapak Oke juga. Ya. bisa juga nih kita bekerja sama. Thansk atas kunjugannya..kunjungan balik segera dilakukan.

  11. bisa minta link myob 13 nya gak mas??aku butuh banget nih…thanks yah

  12. Mas Prim…tolong bagi link software MYOB V.13 nya ya. thanks

  13. bang boleh minta link downloadnya?
    pengen belajar…makasih

  14. boleh minta link donwloadnya? thx

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: