Akuntansi itu susah?

Bagi sebagian orang akuntansi itu susah, sulit, bingung dan membosankan.  Ya, pendapat yang jujur.  Pada mulanya aku juga dulu menganggap bahwa belajar akuntansi sangat sulit, banyak itung-itungan nggak jelas dan kadang-kadang bikin kepala mumet dan stress.  Ya, maklumlah saat di SMA jurusan bukan IPS, tapi IPA.  Ya waktu itu gak ada belajar ekonomi, hanya berkutat dengan rumus-rumus, molekul-molekul dan mempelajari organ tubuh.

Untuk menimbulkan minat kepada sesuatu yang pada awalnya tidak disukai memang sulit.  Padahal mungkin kita belum melihat bahwa sesuatu yang tidak kita sukai pada akhirnya bisa membuat sukses atau bisa membuat kita bahagia.  Siapa yang tahu.  Apa salahnya dicoba semuanya.  Coba kita lihat peluang di pasar.  Berapa banyak perusahaan-perusahaan yang butuh bidang ekonomi-akuntansi, berapa banyak wirausahawan yang dimulai dari nol dan akhirnya sukses.  Kita lihat lagi iklan-iklan di koran yang mencari lowongan kerja, berapa banyak yang cari bagian kasir, accounting, pembukuan dan lain-lain yang semuanya itu berhubungan dengan ekonomi/akuntansi. Jadi akuntansi memang gak ada matinya.  Karena peluangnya besar, maka peminatnya pun jadi banyak.  Persis hukum penawaran dan permintaan.   Jika permintaan tinggi maka orang berlomba-lomba untuk menawarkan barang/jasa juga tinggi dan peluang diterima makin besar.

Akuntansi adalah sesuatu yang mudah di cerna, dipahami dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Tidak ada sesuatu yang tidak berhubungan dengan ekonomi/akuntansi/bisnis.  Semua yang kita lakukan bisa berhubungan dengan bisnis.  Karena bisnis adalah sesuatu yang menggerakkan roda kehidupan.  Dari sejak kita belum lahir, kemudian lahir ke dunia dana menjalaninya bahkan mati sekalipun tidak luput dari keuangan.  Walaupun hidup tidak semata-mata untuk uang tapi tanpa uang rasanya hidup bahagia akan sulit diwujudkan.  Karena itu ekonomi-akuntansi-bisnis dan sejenisnya merupakan sesuatu yang sangat penting dalam kehidupan.

Yang perlu ditemukan adalah metode dalam mempelajari sesuatu.  Walaupun sulit, tapi kalau kita sudah menemukan metode atau caranya, maka yang sulit akan menjadi mudah, yang lama jadi cepat dan yang membosankan menjadi menyenangkan.  Lalu dasarnya apa? Untuk mempelajari dasar-dasar akuntansi kita harus tahu dulu tujuan dari belajar akuntansi itu sendiri.  Kalau tidak tahu tujuannya, ya…untuk apa belajar…! Lha wong gak tahu kok tujuan-nya.  Nah, TUJUAN BELAJAR AKUNTANSI ADALAH  UNTUK MEMBUAT LAPORAN KEUANGAN.  Apakah se-sederhana itu? Ya, kalau bagi kita orang awam cukup segitu aja memahaminya.  Tapi sebenarnya kalau dikaji lebih dalam tentu lebih dari itu, yaitu dengan laporan keuangan kita akan mengetahui laba atau rugi, kita bisa mengetahui berapa harta bersih perusahaan, kita bisa mengetahui dengan modal sekian akan menghasilkan laba sekian, mengetahui perputaran uang perusahaan, dapat memprediksi bagaimana keuangan masa depan dengan patokan masa lalu dan lain-lain.  Bagaimana…? Bukankah itu sangat penting?

Nah, Setelah kita tahu tujuan dari akuntansi itu, maka yang harus dilakukan adalah masuk tahap berikutnya yaitu secara teknis kita harus belajar dan belajar.  Banyak cara/metode yang diakukan untuk belajar, baik di sekolah formal, kursus-kursus, privat maupun belajar autodidak melalui buku, internet, teman dan lain-lain.  Pokoknya enjoy aja dengan akuntansi, nikmati aja belajarnya dan jangan menyerah… banyak kok para pakar akuntansi/ekonomi di sekitar kita.  Karena itu tidak ada kata yang susah kalau kita mau belajar…!!

22 Tanggapan

  1. ap bdanya dgn manajemen

    • Akuntansi merupakan bagian dari manajemen. Manejemen cakupan-nya lebih luas. Ada manejemen pemasaran, manajemen SDM, Manajemen produksi, majemen keuangan, dll. Manajemen berarti mengatur/me-menej, mengelola suatu kegiatan agar sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Sedangkan dalam akuntansi itu sendiri merupakan suatu cara untuk membuat sebuah laporan keuangan yang tentunya harus di kelola/di menej dengan baik agar keuangan dapat memberikan informasi yang tepat dan berguna bagi perusahaan.

  2. sy bingung, apa sy bisa atau tdk akuntansi ini? sy ank ipa, sy bner” buta akuntasi itu

    • Tentu saja bisa. Saya awalnya juga dari Jurusan IPA, bahkan dulunya jurusan masih Biologi. Kemudian saya mengambil program D3 Akuntansi dan saya nikmati saja ilmu yang saya dapat ini. Karena anak IPA itukan kalau menghitung lumayan “cepat”. Ibaratnya pelajaran Matematika soal cerita / Pelajaran fisika. Disitu kita menganalisa soal dulu, memisahkan dulu bagian-bagian data yang akan dirumuskan, baru kemudian tinggal memasukkan nya ke dalam rumus tersebut.

  3. awal untuk memahami akuntansi apa y??sy anak ipa jd pusing mau mulai dari mana

  4. Jangan kuatir untuk anak IPA sekalipun, seperti yg telah dijelaskan di atas. Saya juga anak IPA, bahkan biasanya anak IPA masalah itung-itungan lebih cepat. Jadi gak masalah. Mulai untuk belakar akuntansi dari belajar dasar-dasar akuntansi. Saya sudah buat Label khusus secara berurutan untuk Akuntnasi dasar di sini. :
    tutorial akuntansi dasar

    Cara mempelajarinya : Pilih postingan Tanggal yang lama lebih dahulu / dari bawah..!

  5. Bagaimana kalo saya anak pariwisata?

    • Anak pariwisata sekalipun tidak masalah…semua bisa dipelajari yang penting ada niat dan keinginan.. cuma dalam proses belajar tersebut harus sabar dan tidak mudah patah semangat jika ada masalah..Blog ini akan membantu anda.. tahap demi tahap belajar akuntansi..!

  6. saya masih kelas 1 sma. orang tua saya nyuruh saya cari jurusan akuntansi setelah lulus nanti.tapi saya bingung di sma ini saya harus cari jurusan IPA/IPS??
    mohon sarannya,trims🙂

  7. apa kah pelajaran akutansi itu sangat susah ?

  8. saya kebetulan anak IPS,dan kenapa yah Akuntansi saya bisa dibilang jelek. Saya bingung, padahal saya sudah yakin sama jawaban saya, tapi hasilnya salah terus. Kata ayah saya itu gara2 saya malas latihan.. hampir semua tugas Akuntansi saya kurang bagus. Padahal Matematika saya lumayan gitu… mohon masukannya.. trimakasih🙂

    • Semua itu butuh proses dan harus bersabar serta pantang menyerah. Sekarang ilmu bisa di cari lewat dunia maya. Jadi teruslah belajar dan belajar..Pasti akan ada hasilnya. Tuhan akan menghargai hasil kerja keras hamba-Nya.

  9. saya lulusan smk perhotelan saya masuk universitas karena tunjangan beasiswa dan sama sekali buta ttg akuntansi, apakah akutansi utk tingkatan universitas dipelajari dr awalnya kembali seperti pelajaran akuntansi utk tingkatan smk akuntansi? karena saya bingung apakah nantinya akuntansi yg dipelajari lgsg menggunakan logika tanpa mempelajari dasar2nya terlebih dahulu? terimakasih😀

    • Untuk universitas, akuntansi akan dipelajari dasar-dasar di Smt-1, dan akan bersambung lebih mendalam pada Smt berikutnya. PEngerjaan akuntansi memang harus menggunakan logika, apalagi saat bekerja di dunai kerja, logika lebih banyak berperan di sana.

  10. dasarnya akutansi dimulai dari jurnal,
    kalau jurnalnya uda pas, pas jugalah hasilnya.
    maklum soalnya juga anak akuntansi.

  11. qw mo sekul di smk suru ngmbil jrusan akutansi tp qw takut jrusan akutansi itu ssh,…. apkh jrsn akutansi itu suliit???????

    • Sebenarnya semua jurusan itu bagus, tergantung kita menyikapinya. Semua rintangan ada solusinya. Kalau dibilang sulit.. ya sulit,kalau dibilang tidak ..ya tidak. Karena itu kita harus melawan kesulitan itu jadi kemudahan.. dan kita akan puas jika kesulitan itu sudah terpecahkan. Belajar jangan terlalu menggebu-gebu..tapi santai dan terus-menerus. Pemecahan masalah kadang tidak ditemukan hanya dalam waktu yg singkat..tapi membutuhkan waktu untuk menyelesaikannya.

  12. sy bingung mw kliah pilih jurusan akuntansi tp tkt susah .lbih baik pilh akuntansi ato biologi ya ?mnta saranya

  13. kalo kuliah akuntansi apakah matamatikanya harus kuat? karna saya lemah dibidang mtk, terimaksih sebelumnya🙂

  14. מגוון ענק של שירותי הובלה, הובלות במרכז וחברת הובלות כדאי!

  15. Saya jurusan akuntansi, saya bingung dalam jurusan ini krn baxak hafalanx, metode gmn yg enak biar qta mudah memahamix? N belajar brp jam perhari biar efektif memahamix? Trims

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: