Jika BBM tetap naik…!

Setelah menunggu harap-harap cemas kemarin tanggal 1 April 2012 dimana pemerintah akan menaikkan BBM sebesar 1.500, dari 4.500 sehingga menjadi 6.000 dan kita bisa bernapas lega sejenak karena DPR belum menyetujui keinginan pemerintah tersebut.  Belum bukan berarti tidak, tapi bisa iya dalam kurun waktu tertentu.  Ya, diperkirakan tidak naik dalam kurun waktu setidaknya 6 bulan mendatang.

Perdebatan yang alot di senayan menambah semaraknya gaung berita BBM, bahkan dari sumber berita online media Internasional memberitakan tentang aksi-aksi demonstrasi yang berlangsung di beberapa daerah menuntut kenaikan BBM.  Dan kita patut bersyukur tidak ada kenaikan seperti tanggal yang telah direncanakan oleh pemerintah.

Saya sebagai orang kecil, tidak begitu tahu tentang permasalahan konsep ekonomi yang ada di Indonesia walaupun saya studi di bagian itu.  Karena kadang-kadang apa yang kita pelajari tidak sesuai dengan penerapan di lapangan.  Ekonomi dan politik adalah sesuatu yang tidak bisa dipisahkan.  Karena ekonomi, politik bisa diatur sedemikian rupa, begitu juga sebaliknya karena politik ekonomi menjadi anteng, tenang dan bahkan morat-marit. Nah, dari segi konsep perpolitikan di Indonesia yang sudah jauh melangkah ini, sudah banyak terjadi perubahan-perubahan ekonomi secara nasional.  Perubahan arus globalisasi sudah tidak bisa dibendung, mereka datang bagai badai yang menghantam apa saja yang dilaluinya.  Pasar yang menguasai ekonomi, baik skala besar maupun kecil.  Yang bisa bersaing dengan modal besar maka akan terus bertengger di singgasananya, yang tidak bisa bersaing akan terpojok di sudut-sudut kehidupan.  Ada yang buat rumah di kolong jembatan, gepeng, kemiskinan meraja lela, pengangguran semakin bertambah dan banyak lagi.

source pict : muslimdaily.net

BBM yang merupakan kebutuhan pokok masyarakat sudah seharusnya menjadi point penting dalam pembangunan nasional.  BBM yang bukan energi terbarukan sudah harus dicarikan penggantinya dalam program jangka panjang.  Sebenarnya sudah banyak penemuan teknologi yang mengarah kepada hal tersebut, tetapi memang dibutuhkan waktu dan sosialisasi yang benar-benar nyata agar terwujud.  Gelombang demonstrasi yang kemarin menuntut penolakan kenaikan BBM patut kita apresiasi walaupun ada juga hal-hal yang tidak seharusnya terjadi malahan terjadi juga seperti pemakaian air keras , hujan batu dan lain-lain. Tapi itulah sebuah perjuangan.  Dan patut kita sayangkan kejadian tersebut.  Nah, pada akhirnya BBM tidak dinaikkan pada tanggal 1 April 2012.  Kira-kira apa yang terjadi jika BBM tetap dinaikkan? Yang pasti demo akan semakin meluas di berbagai wilayah, itu salah satunya dan seterusnya dan seterusnya.

Tapi jangan senang dulu, ini cuma di tunda setidaknya selama  6 bulan mendatang.  Nah, bila nanti BBM tetap dinaikkan, apakah akan terjadi demo lagi. Saya tidak bisa memperkirakan, karena politik bisa berubah setiap saat.  Yang jelas untuk saat ini kita bisa bernapas lega sejenak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: