Setelah lulus SLTA kemana?

Selamat Kepada anda para lulusan SLTA sederajat khususnya di wilayah Riau atau lebih khusus lagi kota Pekanbaru. Bagi kamu yang telah lulus tentunya sudah punya rencana masa depan. Di zaman yang serba canggih ini persaingan semakin sengit. Untuk meraih kesempatan sukses dan sekolah lebih tinggi lagi dibutuhkan kemauan dan kerja keras. Pilihan ada 2, apakah ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi atau terjun ke lapangan kerja atau bekerja. Keduanya sama-sama bagus sesuai dengan kondisi dan situasi kamu yang telah di perhitungkan matang-matang sebelum mengambil keputusan.

Melanjutkan ke Pendidikan tinggi (kuliah) atau langsung bekerja, keduanya merupakan pilihan kamu. Tapi sebelum memilih kamu harus harus cari referensi atau informasi sebanyak-banyaknya agar keputusan yang diambil tidak salah dan menyesal nantinya.

Berikut ada sedikit tips bagi kamu yang baru lulus dari SLTA :

Pilihan kerja atau Kuliah?
Ini adalah pilihan yang kamu ambil. Kerja atau kuliah, kuliah atau kerja. Memang saat ini kita dituntut oleh zaman agar mencari ilmu setinggi-tingginya. Dan untuk mendapatkan ilmu secara formal haruslah melalui pendidikan formal yang memang diakui dan diatur oleh negara, yaitu belajar melalui kampus-kampus, dan pendidikan yang sudah terdaftar. Tapi kadang untuk memilih kedua hal tersebut banyak dipengaruhi oleh hal-hal yang lain seperti : Kemampuan finansial, memang pilihan dari hati, letak domisili dan lain-lain.
Pilihan Perguruan Tinggi
Bagi kamu yang memang ingin melanjutkan ke Perguruan tinggi, tentu ingin Perguruan tinggi yang Favorit, Terkenal dan terbukti menghasilkan lulusan yang terbaik. Karena itu lakukan survei dan cari informasi tentang perguruan tinggi tersebut, baik lewat internet, buku, media televisi, dan kalau bisa langsung ke kampus tersebut untuk melihat sarana dan prasarana yang ada.
Kemampuan Finansial
Ya, kemampuan finansial harus diperhitungkan sejak dini. Karena hal ini menyangkut biaya yang harus dikeluarkan. Apalagi jika kamu memutuskan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi atau kuliah. Hal ini kamu konsultasikan lebih dulu dengan orang tua yang mensupport biaya pendidikan kamu. Karena itu lakukan survei terlebih dahulu tentang biaya di perguruan tinggi yang akan kamu masuki. Apalagi sekarang, biaya pendidikan tinggi makin lama makin mahal. Bila kamu ragu dengan kemampuan finansial, maka pilihan bekerja adalah yang terbaik buat kamu.
Jika memutuskan untuk Kuliah, pilih Fakultas yang kamu senangi tapi….!
Maksudnya adalah kita akan lebih puas bila melakukan pekerjaan yang kita senangi. Bila Pekerjaan itu tidak kita senangi, maka kita akan melakukannya setengah hati. Karena itu ambil fakultas dan jurusan yang sesuai dengan keinginan kita. Kalau tidak suka jangan dipaksakan. Tetapi, kita harus juga memikirkan peluang kerja/usaha nantinya setelah lulus dari Perguruan tinggi tersebut. Apakah setelah lulus kita bisa bersaing dengan yang lain. Apakah peluang usaha/kerja dari jurusan yang kita ambil masih luas? Itu harus juga kita pikirkan. Karena itu, bisa saja Fakultas/jurusan yang kita senangi berubah karena situasi dan kondisi yang ada. Contoh kecil, ada seseorang yang sebenarnya suka teknik mesin, tapi karena dia anak satu-satunya maka dia ingin meneruskan usaha dari orang tuanya sehingga dia mengambil Fakultas Ekonomi/manajemen.
Berdo’a
Setelah kamu menimbang-nimbang kuliah atau bekerja, maka serahkan semuanya kepada yang Maha Esa. Minta pentunjukNya agar diberikan yang terbaik untuk kita. Kekuatan do’a adalah kekuatan dari yang serba Maha, karena itu hendaknya kita selalu dekat dengan-Nya agar do’a yang kita minta dikabulkan.
Jika sudah diputuskan untuk bekerja….!
Setelah membaca uraian diatas, kemudian kamu sudah memutuskan untuk bekerja, maka langkah awal yang kamu harus lakukan adalah harus punya ketrampilan/skill. Karena dalam bekerja kamu dituntut untuk menguasai minimal satu bidang atau terampil. Karena kamu akan menjual keahlian kamu baik bekerja dengan orang lain maupun usaha sendiri. Bila skill atau keahlian belum ada atau masih sedikit kamu bisa mencari dengan mengikuti pelatihan-pelatihan singkat, kursus, seminar dan lain-lain. Bekerja atau usaha sendiri sebenarnya adalah menguji mental dan keberanian untuk berkarya. Lakukan yang terbaik dengan penuh disiplin terhadap apa yang kita lakukan. Sabar dan penuh tanggungjawab terhadap apa yang kita lakukan, itulah mental seorang yang bekerja maupun usaha sendiri. Hasil yang di dapat berupa penghasilan/gaji dan kepuasan.

Bagaimana? Mumpung masih ada waktu beberapa bulan lagi, silahkan di pikir-pikir dulu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: