Bukti Transaksi

Dalam pembahasan masalah siklus akuntansi, kita akan mulai secara berurutan seperti yang telah disebutkan di postingan siklus akuntansi sebelumnya.

BUKTI TRANSAKSI

Sebelum membahas bukti transaksi ada baiknya kita mengenal apa itu TRANSAKSI.  Menurut beberapa literatur, Transaksi adalah “kejadian atau kegiatan yang mengubah posisi keuangan sebuah perusahaan”. Hal ini berarti apapun yang terjadi dalam perusahaan baik internal maupun eksternal, banyak atau sedikit, nampak atau tidak nampak, uang masuk maupun uang keluar dan lain-lain yang membuat keuangan perusahaan berubah maka itulah yang disebut dengan transaksi. Nah, kalau demikian maka setiap transaksi harus ada bukti dan tandanya.  Setiap transaksi harus ada yang bertanggungjawab siapa yang melakukannya.  Karena itu diperlukan sebuah catatan yang menunjukkan informasi tentang telah terjadinya transaksi tersebut dan inilah yang disebut dengan BUKTI TRANSAKSI.

Bukti transaksi merupakan alat yang menunjukkan telah terjadinya transaksi pada saat tertentu. Bukti transaksi merupakan data awal dan langkah awal pencatatan akuntansi.  Tanpa adanya bukti transaksi, tidak akan ada pencatatan.  Dalam bukti transaksi terdapat waktu terjadinya transaksi, jumlah barang/jasa yang di perjual belikan, nilai transaksi, orang yang bertanggungjawab terhadap transaksi dan informasi lain yang diperlukan.

Bentuk-bentuk bukti transaksi bermacam-macam. Ada yang menyebut dengan Faktur, Kwintasi, Nota, Bon dan lain-lain yang pada intinya sebuah catatan yang berisi tentang informasi yang berhubungan dengan sebuah transaksi.  Berikut contoh beberapa bukti transaksi yang mungkin sudah pada tahu dan tidak asing lagi.




Satu Tanggapan

  1. Only wanna remark on few general things, The website design is perfect, the subject matter is really wonderful. “Crime does not pay … as well as politics.” by Alfred E. Newman.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: