Membuat Pas Photo dengan Photoshop

Dengan adanya photoshop banyak kemudahan yang bisa kita dapatkan.  Anda bisa berkreasi dengan berbagai macam foto.  Untuk kali ini kita akan mengatur atau membuat ukuran pas photo yang umumnya berukuran 3 x 4, 2 x 3 dan ada juga yang berukuran 4 x 6.  Dengan tutorial ini anda hanya cukup punya satu master photo sebagai sumber foto yang akan di modifikasi.  Langsung aja ke tutorialnya.

  1. Pertama sekali pastikan anda punya photonya lebih dulu.  Bisa anda berfoto di studi foto untuk mendapatkan kualitas foto yang terbaik.  Sebenarnya bisa juga anda berfoto sendiri menggunakan Kamera Handphone, tapi tidak dijamin lho.  Lagian kalau di Studio foto kan gaya dan penampilannya biasanya juga diatur oleh fotografer.
  2. Buka lembar kerja Photoshop. Untuk pertama kali kita akan membuat Pas Foto dengan ukuran 3 x 4 .  Buat Lembar kerja baru dengan ukuran 3 cm x 4 cm. Klik File, New lalu pilih jenis ukurannya yaitu cm dan tentukan Width dan Height, jangan lupa pilih resolusi yang tinggi untuk mendapatkan kualitas foto yang terbaik dan klik OK.
  3. Bentuk lembar kerja dengan ukuran Width = 3 cm dan Height = 4 cm.
  4. Lalu masukkan Foto anda ke lembar kerja yang barusan di buat tadi. Caranya klik File, Open atau bisa juga menggunakan cara lain (Melalui Explore, tarik file gambar tersebut ke Aplikasi Photoshop).
  5. Untuk mendapatkan ukuran yang pas seleksi Foto tersebut menggunakan Rectangular Marquee Tool, dan klik Move Tool (Gambar panah hitam di Tool Box) lalu tarik ke lembar kerja.
  6. Kemudian atur Foto tersebut, bila kurang besar, maka diperbesar dengan menekan Ctrl-T untuk mendapatkan handle, tetapi jika handle sudah ada, tinggal tarik handle tersebut sambil tangan kiri menekan Shift + Alt untuk mendapatkan ukuran yang sesuai dengan area lembar kerja.  Tapi ingat jika diperbesar jangan terlalu banyak memperbesar foto, karena kualitas foto bisa berkurang.
  7. Lalu atur agar posisinya ditengah-tengah, kemudian simpan gambar tersebut misalnya dengan nama Foto 3 x 4, dan untuk simpan menjadi Jpg caranya klik FileSave as, pada Format Pilih JPEG.
  8. Lakukan juga dengan cara yang sama untuk ukuran lain yaitu : 2 x 3 dan 4 x 6 . Gimana bro, bisa dicoba dulu ya.

Memperbanyak Pas Foto dalam 1 lembar 

Setelah selesai langkah diatas, tentunya kita akan mencetak hasilnya.  Nah, untuk mencetak ini kita menggunakan satu lembar kerja dimana berisi banyak Foto yang telah dibuat tadi. Langkahnya adalah sebagai berikut :

  1. Buat satu lembar kerja lagi dengan ukuran kertas Quarto/A4
  2. Kemudian untuk menyamakan Foto agar lurus satu sama lain, anda bisa gunakan garis panduan dengan cara tarik dari penggaris
  3. Lalu, masukkan Foto yang telah dibuat sebelumnya, yaitu ukuran 3 x 4 cm ke lembar kerja tersebut. Klik File, Open dan cari File Foto ukuran 3 x 4. Untuk memperbanyak Foto, untuk memperbanyak Foto  Gunakan Move Tool (panah hitam di kiri atas Tool Box), arahkan mouse di tangah Foto, tangan kiri menekan Alt dan tarik mouse ke arah lain.
  4. Lakukan copy ke kanan maupun ke bawah sebanyak yang anda inginkan.

Postingan lainnya :

4 Tanggapan

  1. thanks banget ini yg saya cari…sukses ya mas bro

  2. keren-keren…ternyata gampang ya, trimakasih mas bro

  3. thanks ya mas,,akhirnya aku bisa he he he

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: