8.Laporan / Report

Kalau pada postingan nomor 5 yang lalu, kita sudah mempelajari bagaimana cara menjurnal dan mengeditnya, berikut ini kita akan melihat bagaimana laporan / report.  Begitu mudahnya dalam menggunakan Komputer akuntansi, sehingga kita tidak perlu mengikuti urutan siklus akuntansi pada teori, karena semuanya sudah diprogram secara singkat.

Kuncinya adalah cukup kita melakukan jurnal lalu laporannya sudah dapat kita lihat. Jadi, buku besar dan worksheet tidak perlu dibuat. Berikut langkah yang dilakukan.

1. Pada tampilan awal pastikan yang aktif adalah Accounts, lalu klik Report pada bagian kanan bawah.

lap11

2.Kemudian pastikan yang aktif pada bagian Accounts (kenapa selalu Account?… ya karena kita masih membahas perusahaan Jasa, sedangkan kalau perusahaan dagang yang kita perlukan bukan hanya Account, tapi juga ada Purchase, Sales, Inventory dan lain-lain).

Kita akan diperlihatkan banyak tulisan. Semuanya itu adalah laporan. Namun yang paling pokok sebagaimana halnya diteori adalah hanya ada beberapa laporan yaitu : Laporan Labar rugi, Laporan Perubahan Modal dan Neraca.

lap21

Keterangan :

General Ledger (Detail) = Buku besar dalam bentuk Detail

Standar Balance Sheet = Laporan Neraca

Profit and Loss (Acrrual) = Laba Rugi

General Journal = Laporan Jurnal

Lha.. terus mana Laporan Perubahan Modalnya? kok tidak ada.. jangan cemas, laporan Perubahan modal sudah digabung dengan Neraca. Dan neraca yang tampil adalah bentuknya Laporan kebawah, bukan Debet kredit kiri dan kanan. Jadi, silahkan anda double klik pilihan diatas dan tentukan bulan atau perkiraan yang ingin dilihat.

12 Tanggapan

  1. di sekolah saya ada pelajaran komputer akuntansi
    Saya ingin bertanya tentang bagaimana caranya untuk membuat daftar pemasok atau daftar palanggan karena saya masih belum mengerti tentang hal tersebut.
    Mohon bantuannya…………………
    Terima kasih

    Komputer akuntansi adalah akuntansi yang diaplikasikan menggunakan komputer. Jadi masalahnya apakah anda menggunakan myob atau aplikasi yang lain, misalnya excel. karena antara keduanya berbeda.

  2. Kalau dikantor saya ( Perusahaan Jasa ) Transaksi sehari-harinya masuk ke Banking baik Cash maupun transfer. kalau yang masuk di Account itu Penyesuaian saja. saya juga kurang mengerti karena baru ini menggunakan MYOB dan baru masuk kerja. bagaimana itu apakah memang ada yang seperti itu? mohon jawabnnya. makasih

    Sebenarnya bisa saja menggunakan account saja,cukup ambil perkiraannya saja (Kas bank=D dan Kas Perusahaan=K) . Jadi menggunakan jurnal biasa atau bisa juga masuk ke Banking. Kalau menggunakan banking caranya agak banyak, karena menggunakan form tersendiri.

  3. w manggiknya kaka aja ya biar akrab,,,
    saya mau donk dipostingannya contoh perusahaan manufacture,,,,,
    biar lebih afdol,,,
    terimakasih kaka,,,
    salam kenal

  4. Thanks a lot infonya…
    bermanfaat banget buat saya yang pemula.
    Mau tanya boleh ya…
    beda pengisian data untuk perusahaan jasa dan perusahaan dagang apanya sih?
    terimakasih

    Untuk perusahaan jasa, menggunakan jurnal umum, yaitu semua transaksi biasanya dilakukan dalam satu kelompok, walaupun ada beberapa transaksi yang dijurnal di kelompok lain dan tidak ada persediaan barang dagang.

    Untuk perusahaan dagang menggunakan jurnal khusus yaitu pembelian, penjualan, persediaan dan lain-lain. Kemudian entry datanya menggunakan tabel-tabel yang sudah tersedia dan bisa dipilih sesuai kebutuhan.

  5. terima kasih mas, modul2nya mbantu banget….

  6. ka mau tanya ya…,
    saya berkja di dalam perusahan jasa …., bagaimana ya cara mengoprasikanya ??
    dan misalkan saya adm di sebuah perusahaan kecil yang menyewakan sebuah lapangan tapi jga ada semacam kantinnya bagaimana saya mengoprasikan myob ka??
    bila pemasukan atau sewa jasa apakah masupnya hanya k general jurnal ja?

    • Pas banget itu kalau perusahaan Jasa, buat aja di general jurnal. Nah kalau kantin berarti perusahaan Industri pengolahan..! menggunakan HPP yang harus ditentukan yaitu bahan-bahan yang akan diolah. Tetapi bisa juga digabung saja d general journal berarti hanya menggunakan jurnal umum..!

  7. terimakasih banyak gan atas semua info yang diberikan dan sangat bermanfaat….

  8. Hallo mas, salam kenal. Untuk melihat laporan GL atau PL tersedia 3 pilihan tahun yg ingin kita lihat yaitu last year – current year – next year. Pertanyaannya bagaimana untuk melihat tahun berikutnya (2013) jika last year yg di tampilkan adalah th.2012?

  9. Hallo mass..
    Saya mau tanya, bagaimana cara mengubah tahun pada profit and loss?? mohon bantuannya mas..
    Thanks a lot..

  10. […] 8.Laporan / Report […]

  11. Hallo gan, salam kenal..saya baru nie menggunakan myob..
    apa artinya YTD di trial balance gan?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: