3.Input Jurnal

Menyambung materi sebelumnya, bahwa kita sudah melakukan Input akun dan mengatur data pajak untuk perusahaan dagang ini yaitu menggunakan metode periodikal.  Maka untuk langkah selanjutnya yaitu melakukan jurnal transaksi.  Berikut langkah nya :

  1. Seperti biasa, pastikan yang aktif adalah Accounts
  2. Kemudian klik Record Journal Entry

Dan tampil seperti di bawah ini.

  1. Pengisian datanya sebagai berikut :
    1. General Journal = tidak perlu di isi, karena ini merupakan nomor yang akan terisi otomatis dan merupakan nomor transaksi
    2. Date = merupakan Tanggal Transaksi, untuk Myob versi 13, bisa dengan menekan spasi untuk memilihnya.
    3. Memo = Keterangan dari jurnal transaksi
  2. Catatan penting untuk jurnal : Dalam kasus ini bahwa setiap Pembelian dan Penjualan barang dagang dikenakan pajak 10%.  Sehingga jurnal yang berbeda adalah Jurnal Pembelian dan Penjualan baik tunai maupun kredit, sedangkan selain Pembelian dan Penjualan maka Jurnalnya menggunakan Jurnal yang biasa.

Contoh : Jurnal Pembelian

Transaksi : 05-Jan-10 Pembelian tunai barang dagang 100.000

Pembelian 100.000
Kas Perusahaan 100.000

Cara menjurnalnya :

  1. Pada Kolom Acct# = Klik dulu kotak isiannya, sehingga tampil panah kebawah dan cari Akun Pembelian (Kode akunya 5-1201).
  2. Pada baris kedua, isi akun dengan Kas tunai (Kode akunya 1-1110).
  3. Untuk pengisian jumlah debet maupun kredit, maka isi lebih dahulu Pembeliannya disebelah debet yaitu 100.000, dan untuk Kas Perusahaanya tinggal klik aja kolom kreditnya, maka akan terisi secara otomatis. Coba kita perhatikan bentuk Jurnal diatas : Pembelian 100.000 sebelah debit dan Kas Perusahaan 110.000 sebelah kredit.  Padahal mungkin selama ini yang kita tahu bahwa dalam menjurnal Jumlah Debet dan kredit harus sama.  Tapi dalam kasus diatas malah tidak sama. Bagaimana ini? Jawabannya adalah Bahwa setiap Pembelian dan Penjualan barang dagang dikenakan pajak 10%, sehingga :
  • Pembeliannya tetap 100.000
  • Uang yang dikeluarkan (Kas Perusahaan) menjadi :  110.000 didapat dari 100.000 + (pajak 10% dari 100.000)
  • Lihat info dibawahnya Total Debit, Total Credit, Tax

Langkah terakhir adalah pastikan pada bagian atas yang aktif adalah Purchase (Pembelian), dan klik tombol record.

Contoh : Jurnal Penjualan

Transaksi : 10-Jan-10 Penjualan kredit barang dagang 80.000

Piutang dagang 80.000
Penjualan 80.000

Cara menjurnalnya :

  1. Masuk ke Record Journal entry, seperti langkah diatas
  2. Isi Tanggal dan Memo
  3. Isi akunt dengan Piutang dagang sebelah Debit dan Penjualan sebelah Kredit, yang di isi sebelah kredit terlebih dahulu sedangkan yang sebelah Debit hanya di klik saja, maka akan terisi secara otomatis.
  4. Pada bagian atas aktifkan Sale (penjualan) dan klik Record.

Kesimpulan :

  1. Untuk Transaksi Pembelian, maka akun pembelian terlebih dahulu yang di isi
  2. Untuk Transaksi Penjualan, maka akun Penjualan terlebih dahulu yang di isi.
  3. Pada saat menjurnal, antara Debit dan Kredit memang tidak balance, tetapi setelah di lihat hasilnya maka akan balance dengan adanya PPN.
<== Setting data pajak Menampilkan jurnal + edit ==>

23 tanggapan untuk “3.Input Jurnal

  1. terima kasih sdh dikasih tahu…
    ======================
    yup.. sama-sama.. makasih juga sudah berkunjung di blog ini..!!!

  2. bagaimana cara membuat laporan keuangan yang simple tapi jelas

    untuk membuat laporan keuangan yang simple tergantung jenis perusahaan, kalau perusahaan tentu banyak data yang harus diolah, tapi bagi perush kecil bisa simpel dan mudah.

  3. tolong kalau bisa bikin postingan dari awal sampe akhir..
    kalau kepotong” seperti ini sulit dimengerti..!

    1. Kepotong gimana maksudnya..itu sudah di urutkan menurut nomor..lihat di kiri atas dari blog ini…! Setelah input jurnal ..kan bersambung ke nomor 4.View jurnal dan edit..Tidak mungkin pokok bahasan dihabiskan dalam satu postingan..karena karena materinya sangat banyak…! .Terima kasih..

    1. Untuk pembayaran gaji bisa menggunakan Modul Payroll, dan di postingan ini belum dibahas. akan dibahas pada postingan lain..terima kasih.

    1. Untuk metode fisikal persediaan langsung di hitung totalnya. Jadi tidak dibuat detail menurut item-item per barang. Metode fisikal tidak menghitung harga pokoknya. Tetapi nanti pada akhir periode akan ada penyesuain persediaan untuk melihat jumlah akhir persediaan persediaan yang masih ada.

  4. Kak, blog ini sangat membantu, tapi ada tidak cara mengentri pencatatan transaksi pembayaran biaya-biaya Dangan kas kecil dan kas/ tunai?

Tinggalkan komentar