Perush dagang (Perfectual)

Nah, berikut adalah pencatatan akuntansi perusahaan dagang menggunakan metode Perfectual.  seperti telah disinggung sebelumnya bahwa perusahaan dagang dengan metode ini tidak ada penyesuaian persediaan seperti metode periodikal.  Setiap transaksi pembelian dan penjualan langsung mempengaruhi persediaan barang yang ada. Dalam teorinya metode ini menggunakan kartu stok yang digunakan untuk mencatat setiap jenis barang yang dijual maupun yang dibeli. Karena itu setiap barang yang akan dijual harus dicatat secara detail, baik kode barang, harga jual, maupun PPN.  Dalam metode perfectual ini pencatatannya agak rumit karena memang banyak yang harus di catat, tetapi metode ini sangat lengkap dalam memberikan informasi tentang barang yang diperjual belikan tersebut, termasuk data Pelanggan, pemasok, dan lain-lain.

Apa saja yang akan di catat dalam metode perfectual ini?  Nah, berikut ini adalah hal-hal yang akan di catat dalam menggunakan metode perfectual tersebut.

  1. Mencatat Nama Pelanggan (Customer) dan Pemasok (Supplier)
  2. Mecatat saldo awal Piutang dan Utang
  3. Mencata saldo awal Perkiraan
  4. Mencatat Harga Jual Persediaan
  5. Mencatat Harga Beli Persediaan

Kemudian dalam melakukan jurnal transaksi sangat berbeda dengan jurnal pada umumnya.  Dimana biasanya kita mengenal jurnal menganut hukum Debet Kredit (yang harus seimbang).  Tetapi di sini kita tidak melihat lagi pencatatan tersebut terutama dalam transaksi pembelian dan penjualan. kecuali di bagian Jurnal umum . Dalam metode ini kita hanya mengisi semacam blanko pengisian (input data) secara benar, lalu disimpan dan hasilnya bisa dilihat langsung dan sudah menunjukkan Jurnal Debet Kredit.

Lalu bagaimana cara memasukkan data-data di atas? Setiap data yang di isi akan menggunakan form yang berbeda-beda.  Nah, berikut penjelasan dari setiap perintah utama di Program Myob.

27 Tanggapan

  1. lha klo mau mencatat persediaan gimana yow cara e????koq kyk e g bsa…

  2. bagamana cara dapatkan softwere miyob… tolong donk..???

  3. mas kalo perusahaannya di sayuran masuk ke myob perusahaan dagang apa?

  4. mau dong soft warenya myob..
    hehe

  5. kalau mau menghapus item list dari inventory gmn ya mas?terimakasih🙂

  6. makasih ilmunya semoga bermanfaat bagi saya, dan bagi penulis mudah2an Allah SWT yg akan membalasnya dengan balasan yg berlipat ganda, dan rizky yg berlimpah….. amiiin

  7. Masukin jurnal penyesuaian di aplikasi MYOB itu bagaimana?

    • Untuk perusahaan jasa, jurnal penyesuaian di cari terlebih dahulu secara manual, kemudian dijurnal seperti biasa pada akhir tutup buku.

  8. Assalamu’alaikum…
    mau tanya… kalau mau mencatat jurnal pembelian yang memakai uang muka dan dibayar sebagian, nanti ada 1 jurnal atau 2? masuknya ke purchases,enter purchases?pilih yg receive item & isi paid today bukan?atau 2 kali, k enter purchases & pay bills?
    terimakasih
    Wassalam.

  9. Bagaimana download aplikasi myob?
    thanks🙂

  10. kalau untuk statement of cash flow ada ndak penjelasan atau artikel nya ?

  11. cara masukin data penyesuaian gimana yah

  12. boleh tanya gimana cara mengatasi transaksi yang tidak bisa di hapus saya coba hapus saldo awal hutang dan piutang tapi tetap nga bisa padahal saya sudah menghilangkan tanda centang pada set-up transaksi tidak bisa dihapus dibagian security pada preference trus saya sudah coba atur set-up pada purchase dan sales tapi tetap aja nga bisa dihapus…. saya baru belajar tolong dikomfirmasih terima kasih…

  13. klo perusahaan yang menjual barang lokal dan barang impor, dimana akunnya ada yang menggunakan Rupiah (IDR) dan juga Dollar (USD) MYOB Accounting-nya gimana ya? Ada ga?

  14. bagaimana mencatat uang muka pembelian dan penjualan pada myob, ,,, lalu bagaimana membuat tax codes yang isinya PPN dan PPN Bm???

  15. bgaiman dengan bentuk penyesuaian tentang by adm, penyusutan kendraan, dan perlengkapan kantor pak ?

  16. ms,… di myob-ku accounts’a cmn 6

  17. mas, boleh minta program myob nya? saya butuh untuk mencatat hutang piutang dagang. tks

  18. kamu lagi ngapain

  19. pak saya mau tanya pas waktu masukin saldo piutang dan hutang kon muncul catatan please note if you are reporting expense on a cash basis, the payment of a purchase will note be include in small business entity report? apa maksunya ya pak saya browsing g nemu-nemu sampai pusing pak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: