7.Saldo Awal & Contoh

Bagimana rekan-rekan netter semua. Sudah paham mengenai pembahasan Myob pada postingan sebelumnya? Ya, mungkin sebagian udah ada yang paham atau mungkin juga ada yang belum. Nah, kalau ada yang belum paham, silahkan isi komentarnya, nanti akan dibahas sesuai kemampuan. Selanjutnya berikut ini adalah contoh kasus, yang bisa dipraktekkan untuk perusahaan jasa di Myob Accounting. Sebelumnya ada yang menanyakan bagaimana kalau ada contoh kasusnya.

Buatlah pencataan akuntansi dari PT. Jasa Pratama untuk periode tahun 2008 dengan perkiraan sebagai berikut :

perkiraan1

Kemudian masukkan saldo awal dibawah ini dengan cara klik Setup, Balance, Account Opening Balance.

dan tampilannya sebagai berikut :

saldo-awal2

Dalam mengisi saldo awal, yang perlu diperhatikan yaitu : tampilannya tidak seperti neraca diatas yang dipisahkan debet dan kredit, tapi tampilannya kebawah. Kemudian untuk data yang merupakan dalam kurung artinya minus. Jadi pengisiannya harus tambahkan minus baru ketikkan nilainya, contohnya Akm. Penyusutan Bangunan. Lalu untuk mengecek data yang kita buat benar, lihat dibagian bawah ada Ammount left to be allocated, kalau nilainya sudah nol ,maka sudah benar. Kalau belum nol berarti pengetikannya ada yang salah.

Transaksi yang terjadi selama 1 tahun 2008 adalah sebagai berikut :

transaki

Khusus untuk penyesuaian, harus dicari dulu secara manual baru dijurnal kedalam Myob.

Silahkan dicoba dulu, dan bagaimana hasilnya….!

44 tanggapan untuk “7.Saldo Awal & Contoh

  1. Maaf ni mas……

    transaksi tgl 17 juni itu kalalu gak salah nominal nya
    Rp 700.000. karena tgl 20 jan itukan 1.000.000 dan 200.000

    dan kalau buat penyesuaiannya gimana mas ????

    mf bru bljr myob niii……… heheheheh

    thanks ya mas….untuk contoh kasusnyaaaaaaa……………kalau bisa contoh kasus yang lain donk masssssss

    thanks b 4

    Makasih mas.. atas perbaikannya… ya.. itulah salah.. dan udah diperbaiki, sekali lagi makasih ya…! Kalau penyesuaiannya dicari dulu manual, lalu di jurnal seperti biasa, cuma biasanya tanggal aja yang berbeda yaitu tanggal 31 Desember.

  2. met sore,,,, pa sya udah ada mencoba krjakan smuax…. bisa ga saya minta hasil akhirx saja… agar saya bisa mencocokan dgan hasil yang sya dapat…. tlg dibalas…. MAKASIH

  3. mas kalau pendapatan dan biaya dalam saldo awal ada nilai nominalnya cara ngisi nominal di dalamnya bagaimana? atau setting biar bisa di isi nominalnya bagaimana?

    Secara normal, biaya dan pendapatan itu tidak ada saldo awalnya, karena pendapatan dan biaya akan diproses dan menjadi laba/rugi dan laba rugi itu yang akan menjadi sado awal. Jadi kalau ada saldo awal biaya dan pendapatan, maka tidak usah dimasukkan. Karena yang merupakan saldo awal adalah HARTA, HUTANG dan MODAL.

    1. tidak ada cara lain yaitu kita harus selalu belajar dan belajar.. sering bertanya dan jika perlu kita punya buku panduan supaya lebih paham.. thanks…udah berkunjung.!

  4. Saya pernah mengerjakan suatu soal, n disitu bulannya adalah september, sehingga smua akun neraca dan rugi laba sudah mempunyai saldo.
    Yang saya tanyakan bagaimana cara memasukkan saldo awal untuk akun rugi laba tsb

    1. saldo awal adalah saldo di awal periode. Yang mempunyai saldo awal adalah akun yang ada di neraca. Kalau perusahaan laba, maka laba + ke modal, kalau perusahaan rugi, maka modal – rugi. Jadi, masukkan aja ke modal awal perusahaan tersebut.

    1. coba periksa setting di printernya, atau cek preview-nya apakah sudah nempak semuanya.. atur di set up halaman..! apakah sudah terset dengan benar..!

  5. mau nanya dund .. apa perbedaan’a kalo qta macukin nominal pda saldo awal’a saat qta sedang membuat nama perkiraan untuk saldo awal tsb ??
    saya biasa’a kalo ngerjain tugas d.skul begitu ..

    1. perbedaannya cuma di cara memasukkan aja.. kalau hasilnya sama saja..! nanti akan nampak juga setup, balance, account opening balance..( cuma kalau dengan cara yang kedua itu akan lebih menge-ceknya apabila ada kesalahan..karena akan terlihat semuanya.. yaitu dilihat pada bagian bawah ada amount left..jika hasilnya nol, maka sudah benar.)

  6. Salam Kenal nama saya Hafid , bagaimana caranya memasukkan saldo awal untuk laba rugi termasuk HPP nya

  7. mas..klu masukin saldo awal hanya harta, hutang,modal jd nya gk balance trus spy bs masukin pendapatan dan beban carany gmn? apa harus d cari manual dulu? atau ada cara lain?

    1. Saldo awal untuk harta, hutang dan modal harus selalu balance. Kalau tidak balance berarti salah data awalnya. Untuk pendapatan dan modal tidak perlu dimasukkan, karena saldo awal perkiraan pendapatan dan modal sudah menjadi laba/rugi.

  8. Saya Mau bertanya, apabila kita selesai membuat akun dan memasukkan semua nominal yang ada, kita mendapati bahwa Historical Balancingnya tidak nol, namun ada nominalnya. Pertanyaan saya, apakah Historical Balancing itu harus bernilai Nol.? Kedua : apakah berarti salah bila Historical Balancingnya bukan Nol. Mohon dijelaskan ! Terima Kasih. by : Endro Miko

    1. Ya.. historical balancing (saldo penyeimbang). Artinya akun ini untuk mengecek apakah saldo yang kita buat benar atau tidak. Jika historical ada nilainya bisa dipastikan bahwa itu belum balance dan harus di lihat kembali mungkin ada angka-angka yang salah. Kesimpulannya historical balancing harus bernilai nol untuk menunjukkan bahwa saldonya benar.

  9. Kalo soalnya saldo berupa YTD Debit sama YTD Credit gmana nyelesainnya ya?? apa cukup masukin satu satu aja saldo’nya tanpa menghiraukan debit credit’nya?

  10. mas saya bingung bedain maksud Neraca Awal sama Neraca akhir periode transaksi, apa keduanya sama
    tolong jawabannya???

  11. This design is wicked! You obviously know how to keep a reader entertained. Between your wit and your videos, I was almost moved to start my own blog well, almostHaHa! Wonderful job. I really enjoyed what you had to say, and more than that, how you presented it. Too cool! fddbdeeaecde

  12. dalam pengetikan daftar akun terdapat beberapa nama akun yang tidak bisa diketik saldo awalnya yaitu berupa akun apasih?

  13. kalo untuk perusahaan jasa di link account dipersediann itu harus diganti tidak yah ? karena perusahaan jasa kan tidak ada persediaan ? trimakasih

  14. hi.. saya mau tanya, saya buat akun MYOB diawal thun 2015 ketika akhir thun saya tutup buku dan membuat MYOB lanjutan di tahun 2016, tetapi saldo awal piutang 2016 berbeda dengan saldo akhir piutang 2015,, bagaimana caranya saya mengganti saldo awal piutang thn 2016 agar sama dengan saldo akhir piutang 2015 (cat: saya sudah input semua transaksi bln jan 2016) saya menanyakan hal ini agar saya tidak input ulang..

  15. maaf sya mau tanya , opening balance atau conversion month saya mulai nya bulan agustus . apakah bisa saya mengganbti menjadi bulan januari . ?
    soalnya saya mau transaksi dispend money tidak bisa untuk bulan satu . kalau ada yang tau mohon di beri tau . terima kasih

  16. mau nanya mas
    gimana caranya menghilangkan biaya tanpa harus mempengaruhi yg lainnya ?
    mohon dijawab

  17. bagamana cara nya mengecek di neraca saldo bila ammont lift nya belum nol padahal sudah dcek penulisan angkanya benar

  18. mau tanya supaya saldo akhir myob tidak bisa di lihat oleh user lain gmn cara nya ya soanya di pake betiga
    hanya user master yg bisa lihat saldo akhir tq.

Tinggalkan komentar