4.View jurnal dan edit

Pada postingan sebelumnya kita sudah melakukan langkah-langkah menjurnal untuk perusahaan dagang dengan metode periodikal. Terus bagaimana cara menampilkan hasil jurnalnya? dan bila ada kesalahannya jurnal bagaimana cara meng-Edit-nya? Nah, berikut adalah langkah-langkahnya :

  1. Setelah anda melakukan Input Jurnal,terus kita Klik Record, maka tampilan jurnal tersebut akan hilang dari tampilan. Sebenarnya data tersebut tidak hilang tetapi terekam (Record).  Kemudian klik perintah Journal di sisi kiri bawah.
  2. Bila belum tampil jurnalnya maka rubah tanggal awal dan akhir periode akuntansi dengan menekan Spasi (kursor harus berada dalam kotak tanggal) dan tekan Enter.
  3. Maka akan tampil jurnalnya sebagai berikut :
  4. Perhatikan kedua jurnal diatas. Kedua jurnal tersebut satu akunt tambahan yaitu PPN, padahal saat menjurnal tadi kita tidak menjurnal PPN. Artinya bahwa akun PPN ditambahkan secara otomatis dan dapat dilihat di tampilan jurnal ini.  Sehingga jurnal ini tetap menunjukkan hasil yang balance/seimbang.

Edit Jurnal

  1. Kemudian apabila kita ingin meng-Edit jurnal tersebut cukup Klik tanggal dari jurnal tersebut, maka akan ditampilkan bentuk Entri jurnal seperti saat kita menjurnal pertama kali.
  2. Selanjutnya Perbaiki jurnal anda dan simpan kembali dengan menekan tombol OK.
<== Input data jurnal

2 tanggapan untuk “4.View jurnal dan edit

  1. nice post sangat membantu sekali
    jangan lupa kunjungi balik pewartawonogiri.blogspot.com jangan lupa tinggalkan koment siapa tau bisa tuker info :))

Tinggalkan komentar