5. Report (dagang)

Setelah melakukan jurnal umum pada perusahaan dagang, kita akan mencoba bagaimana menampilkan sebuah laporan / report.  Pada dasarnya untuk menampilkan laporan caranya hampir sama dengan perusahaan jasa, yaitu :

  1. Klik Report, Account
  2. Kemudian untuk menampilkan laporan di pilih jenis laporannya apa yang akan di lihat.

    Sebagai contoh untuk Laporan Laba-rugi. Klik Profit and Loss (Acrual), dan klik Display sehingga akan tampil seperti dibawah ini, yaitu laporan laba-rugi dari kasus di atas.
    Bila tampilan diatas di atas tidak ada, kemungkinan setting tanggalnya tidak sesuai dengan tanggal jurnal yang di input, maka rubah tanggalnya untuk satu bulan saja, yaitu dari 1 Januari – 31 Januari 2010.
  3. Laporan diatas adalah tampilan laporan laba rugi untuk bulan Januari 2010. Bila kita ingin melihat tampailan bulan yang lain, caranya Klik Custome di bagian bawah, dan klik bulan yang di inginkan.  Bisa juga memilih beberapa bulan sekaligus, misalnya Laporan Laba-Rugi dari bulan Januari sampai bulan Maret 2010, dengan cara blok bulan tersebut, dan klik Display.

Tapi ingat : Kalau untuk contoh diatas, bulan Februari dan Maret tidak akan tampil karena memang tidak ada jurnalnya.

Untuk menampilkan Laporan Neraca, tinggal klik Standard  Balance Sheet.

5 tanggapan untuk “5. Report (dagang)

  1. Thanksss banget… atas panduannya… mudah”an sgala kebaikan dan amal Saudara menjadi sedekah zariah yang tiada putus – putusnya… amiiinn
    ======================
    makasih atas kunjugannya…

  2. Terima kasih atas ilmunya yang sangat bermanfaat ini, semoga juga bermanfaat bagi semua pendekar pendekar akuntan lainnya

Tinggalkan komentar