3. Input persediaan barang dagang

Pada pembahasan terdahulu sudah dijelaskan tentang langkah-langkah mengisi data Pelanggan dan pemasok terus langkah kedua input saldo piutang dan utang. Nah, untuk langkah ketiga ini adalah input persediaan barang dagang.

Pertama yang harus ada adalah data tentang barang dagang yang akan dijual. Barang dagang harus dibuat menurut kode-kode supaya lebih terkelompok, selain itu kode-kode barang digunakan sebagai kunci untuk mengelompokkan barang tersebut. Penamaan kode barang terserah menurut anda sendiri, tetapi tentu yang mudah dipahami, misalnya kode P01 untuk barang “Kulkas”, p02 untuk “AC”, p03 untuk “Televisi”, dan lain-lain. Selain itu dalam barang ada harga jual dan harga beli. Harga jual tentunya lebih besar dari harga beli.Berikut contoh untuk persediaan barang dagang.

Data barang untuk harga jual

Item Number P01 P02 P03
Name TV 21” TV24” TV 29”
Satuan Unit Unit Unit
Pers. Minimum 3 3 3
Harga Jual 900.000 1.200.000 2.000.000

Data barang untuk harga beli

Item Number P01 P02 P03
Name TV 21” TV 24” TV 29”
Quantity/Counted 20 25 30
Harga Beli 700.000 1.000.000 1.600.000

Langkah untuk input persediaan barang dagang untuk Harga Jual adalah sebagai berikut :

  1. Pada tampilan awal myob pilih Inventory, kemudian klik Item List
  2. Kemudian akan tampil gambar seperti dibawah ini dan klik new
  3. Lalu akan muncul blanko isian. silahkan isi pada Item Number dengan P01 lalu enter, maka akan muncul kotak isian yang keuda yaitu Name Item, isi dengan TV 21″. Lalu pada bagian kiri di Cek List semuanyan untuk mensetting data barang tersebut.
  4. Setelah di cek list, maka akan keluar form di sebelah kanan-nya, dan isikan dengan akun yang dijelaskan pada gambar dibawah ini.
  5. Kemudian klik Buying Detail pada bagian atas , isikan data seperti dibawah iniUntuk bagian Tax Code When Bought di isi dengan N-T maksudnya adalah bila tidak menggunakan Pajak, tapi bila anda menggunakan Pajak maka di isi dengan PPN yang telah disetting sebelumnya.
  6. Lalu klik bagian Selling Detail dan isikan data seperti gambar di bawah ini
  7. Kemudian langkah terakhir adalah klik OK. Lakukan cara yang sama untuk jenis barang yang lain pada tabel diatas.

Langkah untuk input persediaan barang dagang untuk Harga Beli adalah sebagai berikut :

  1. Pada bagian Inventory, pilih Count Inventory
  2. Kemudian isi data pada counted dengan banyak barang seperti pada tabel harga Beli diatas, kemudian klik Adjust Inventory
  3. Lalu Default Adjustment Account isi dengan akun Persediaan barang dagang dan klik Continue, kemudian Opening Balance
  4. Maka akan tampil bentuk isian seperti form jurnal. Kemudian isikan tanggal transaksi yaitu 1/1/2011 serta isi Unit Cost dengan Harga beli sesuai dengan Nama barangnya, (lihat tabel harga beli diatas).

104 tanggapan untuk “3. Input persediaan barang dagang

    1. dimana bingungnya….kalau benar-benar niat dan semangat pasti bisa..caranya mulai dari yang mudah dulu….. itukan ada urutannya. Mulai dari perusahaan jasa dulu baru dagang….!!, nah. jangan langsung ke perusahaan dagang….!! Oke yang mau chat online silahkan di FB aku http://facebook.com/deapamala

      saat saya online silahkan bertanya….!!!

      1. Permisi, saya ingin bertanya, misalkan kita membuat item persediaan baru dan hendak melakukan pembelian awal, apakah perlu lakukan tahap count dan adjust journal untuk opening balancenya? Terima kasih sebelumnya.

    1. Tidak harus NT..kalau NT itu maksudnya adalah Not Repotable (=tidak dilaporkan alias tidak ada pajaknya), tetapi kalau menggunakan pajak ya.. dinasukkan jenis pajaknya misalnya PPN dan lain-lain..trim’s.

  1. Bro/Mr., thanks bgt dah kasih info MYOB ini. BTW, boleh share donk buat via email link untuk ambil myob versi yang mendekati terbaru di tahun 2012 ini. se X lagi, thx.

  2. Kami berada diperusahaan dagang.klo stok penjualan tdk ckup tuk membuka penjualan(misalnya stok 20 unit,tp mo dibuka bon penjualan 100 unit).apa bisa gk yah????

    1. Ya.. jelas tidak bisa ..! bila dimasukkan dalam transaksi penjualan, maka nanti ada informasi yg menyatakan stok barang tidak cukup, dan harus di tambah lebih dulu….!

      1. Kalo misalkan pas buat persediaan barang dagang di myob. Trs pas di akhir, waktu record, tapi ada tulisan ” you may not enter transaction befpre the beginning of your financian year” itu knp ya ka? Ini salahnya dmn

  3. aq binggung ,, bagaimn cara belajar myob, coz aq baru dengar dan baru belajar,,??? gmn besok ada tgs myob ttng persediaan barang aq gk taw caranya gmn?

  4. Aku mau tanya dong
    D sini kan ngerjainnya mnggunakan metode fifo
    Pertama kan mmpunya saldo, truz pnjualan, truz retur pmbelian, pembelian
    Nah retur pembelian sama pembelian itu mnggunakan harga awal, apa hrga itu sendiri??

    Makasih

  5. yang bagian ngisi no.4 itu stlh dicek list smw… bgian hpp barang dagang dan penjualan tdk ada di data, trs disi gak tuh?

  6. maaf , saya mau tanya . caranya menerapkan metode FIFO itu bagaimana ya ??
    tolong infonya dong

  7. selanjutnya bagaimana cara menghubungkan kalau ada transaksi pembelian barang??caranya gimana trus hubungin sama keuangan ke stok barangnya gimana.. makasihh.. mohon bantuannya..

  8. Min, saya mau tanya, ada gak aplikasi-aplikasi yg digunakan dlm bidang ekonomi selain Myob? Thanks sebelumnya.

    1. sebenarnya banyak juga, yang kami ketahui :
      – GL berbasis DOS, sekarang sudah jarang digunakan
      – DEA berbasi Windows
      – Zahir Accounting, produk Indonesia (berbahasa indonesia)
      – Accurate , dan banyak lagi.

  9. Pada pengisian saldo awal persediaan, kita klik inventory- count inventory, kemudian kita ketikkan kuantitas pada kolom counted, seharusnya muncul juga kuntitas pada kolom difference, tetapi ini munculnya di kolom on hand, jadi tidak bisa melanjutkan adjust inventory. Bagaimana solusinya ? Terima kasih.

  10. gan tolong bantu saya, sudah lewat dr 30hari dan data.a read only, bagaimana agar saya bias menginput data2 kembali

    1. Link account berguna untuk meng-generate jurnal secara otomatis saat transaksi penjualan atau pembelian.
      Untuk Penjualan Brg Dagangan dengan akuntansi manual anda harus membuat jurnal kurang lebih sbb:

      Piutang Dagang Dr
      HPP Dr
      Penjualan Cr
      PPN keluaran Cr
      Persediaan Brg. Dag. Cr

      Dengan menggunakan MYOB anda tidak perlu repot membuat jurnal seperti itu. Pada saat penjualan terjadi anda hanya perlu menginput data seperti anda membuat faktur. Selebihnya program internal dalam MYOB akan menggenerate entry seperti diatas.

      Disinilah Fungsi Link account berperan, program akan tahu account mana yang harus diisi nilai PPN keluaran, Account Persediaan Barang dagangan, HPP dan lainnya.

      Anda bisa melihat jurnal yang dibuat oleh MYOB pada menu Transaction Journal.

      Semoga bisa membantu

  11. Pertanyaan2 mengenai bagaimana kalau menggunakan metode pencatatan persediaan FIFO..kok gag di jawab y.. makasih…

      1. kalo menurut saya MYOB memang tidak support FIFO, Tapi bisa digunakan untuk pencatatan FIFO, namun biasanya bisa dilihat setelah Adjustment sebelum Closing

      2. Metode fifo tidak bisa dilakukan karena saat pembelian kita menyatukan persediaan awal atau persedian sebelumnya dengan barang yang baru kita beli (dengan harga berbeda) maka otomatis myob akan menjumlahkan atau menjadi metode averagr
        Jadi solusulinya pisahkan persediaan yg lamaa dan yg baru walau iyemnua sejenis contoh :
        SISA BARANG 1.AC LG 5 ITEM
        PEMBELIAN 2.AC LG1 10 ITEM

        dengan membedakan makan kiya tinggal pilih barang mana yg ingin dijual

  12. bila di item register, misal item A DI ITEM REGISTER onhand 4 , tetapi item A di ITEM LISTR onhand 0, dan di lokasi juga kosong. padahal date sudah update. itu kenapa yaa,,,

  13. Min… Saya mau tanya. diakhir tahun kan kita melakukan stock opname barang dagang. apakah di akhir tahun nanti kita mengedit persediaan barang dagang sebesar terhitung pada count inventory atau harus membuat data baru lagi untuk persediaan. karena setelah saya coba mengeditnya pada count inventory muncul angka pada historical balancing. bagaimana sebaiknya min… terima kasih

  14. Min..saya mau bertanya. setelah kita melakukan stock opname pada akhir tahun. Apakah kita harus mengeditnya pada count inventory atau membuat data persediaan baru. saya binggung karena pada saat saya merubahnya timbul nilai pada historical balancing. bagaimana sebaiknya min? terima kasih

  15. kak, apakah untuk prsdiaan metode fifo ini selalu melakukan kegiatan input harga beli ketika ada pembelian baru ..???

  16. min saya mau tanya min, saya punya masalah ketika adjust inventory. pas di Record muncul tulisan ” You may not Enter transactions before your convertion date”. solusinya apa min

  17. 1. Mw tanya dnk pak kalau harga beli g kelur knp ya?
    2. kalau harga beli di kasih PPN gtu pas bli barangnya di pakein PPN lg gpp kan ya?
    3.trs sm kalau di bgn purchases itu g ada link buat biaya lain2 ya?seperti biaya materai gtu?
    4.Tw persediaan akhir di myob gmn ya?
    mav bnyk tanya? Mksh sblmnya 🙂

  18. permisi bapak kalau untuk metode fisik itu bagaimana ya buat inventorynya?apa di ceklis tiga2nya seperti bapak di atas atau bagaimana?1hpp,2.penj,3.persediaan brg dgang. kalau fisik ada nama akun yg hrs di ganti tdk pak? trs untuk default adjust accounts kalau untuk fisik apa tetap persediaan barang atau di ganti ya pak?Mohon pencerahannya?

  19. Kak kalau ngerubah stock awal itu gimana yah? Saya masih bingung. Soalnya pegawai lama ada salah masukin di awal. Jd inventory nya kurang tepat.

  20. bagaimana mencari selisih nilai pada neraca dan job costnya (pd neraca beda dgn job costnya) sy kerja di furniture, yg menggunakan myob dan pakai akuntansi produksi, trims

  21. Bagaimana cara input pembelian persediaan barang, supaya bisa langsung link item2 tersebut ke persediaan barang, klo melalui modul pembelian ga bisa ya? karena tidak ada pilihan item barang yang akan dibeli

  22. Assalamu’alaikum pak…saya ingin bertanya..untuk adjustment inventory ny koq pas di Input trus di klik Ctrl+R koq untuk spoilage merchandise ny gk muncul??akun ny ada di debit ketapi nama account ny yg nggk ada pak…mhon balasannya pak terimakasih…

  23. bagaimana cara melihat HPP, persediaan barang dagang awal/akhir, barang siap dijual, di laporan L/R versy myob ?????

  24. Untuk input persediaan barang dagang.a sdh ada… yang saya tanyakan kak Gimana cara mengimput persediaan Jasa.a..?☺

  25. mau nanya dong ka
    kenapa ya setiap input lalu me ricord selalu muncul tulisan “you may not enter transaction before your conversion date ”
    maksudnya gimana. ya apa yang harus dibenahi dan diperbaikin ya gitulo

  26. mo nanya tolong jawab dong
    gmn cara entry saldo persediaan jasa pada perusahaan dagang, dan cara entry transaksi penjualan jasa ( lewat modul apa), mksh

  27. Berguna banget informasinya , terutama say sngt bingung d bgian inventory , lumayan sy bs ngerjain , dan tugas myob sy pun kelar. Makasih bangett

  28. Terima kasih banyak kak sangat membantu malem² gini saat gak ada yang di mintai tolong😁

  29. kalo semisal penjualan kredit tapi harga pokoknya pake metode fifo, jadi kan gk bisa sama terus hpp nya terus gimana kak ngerjainnya

  30. jika hanya diketahui saldo awal persediaan, bagaimana mengisi buying price, selling price & Standard Cost nya?

  31. Kak, mau ikut tanya
    Saya menggunakan MYOB 18v ed
    kalau semisal pas memasukkan saldo awal persediaan jumlahnya atau akun yang digunakan salah, untuk cara menghapus atau mengenolkan saldo awal tersebut bagaimana ya, terimakasih

  32. Cara mensetting metode pencatatan persediaan pakai metode FIFO itu bagaimana ya? Saya taunya cuma metode AVG.

  33. Gimana cara menginput harga barang dagang yang bulan lalu dengn bulan sekarang berbeda harga, apkah tinggal di input aja harga yg baru nya?

  34. apakah bisa kita melakukan import data lengkap inventory ke myob pada saat awal periode, soalnya kalau kita input sa persatu bisa memakan waktu lama, mohon pencerahannya…

  35. Hallo, saya mau tanya kalo pada list item kolom i buy this item dan i inventory this item itu berfungsi untuk apa…

Tinggalkan komentar