Memodifikasi Rumus Jurnal

Pada pelajaran yang lalu. Waduh..udah ngajarin nih…maksudnya postingan yang lalu, kita sudah belajar bagaimana cara membuat rumus untuk jurnal, yaitu menggunakan rumus Vlookup yang mengambil data dari tabel perkiraan di Sheet1 (Perkiraan).

Pada bagian berikut kita akan memodifikasi rumus supaya tampilannya lebih bagus pada saat menjurnal. Adapun modifikasi yang bisa kita lakukan yaitu sebagai berikut :

1. Supaya jurnal yang debet agak bergeser kekanan

Rumus yang telah kita buat sebelumnya sbenarnya sudah bisa digunakan untuk menjurnal, tetapi perkiraan tersebut akan sejajar baik debet maupun kredit. Ini adalah rumus yang aslinya :

=VLOOKUP(B6,Perkiraan!$A$5:$B$44,2,0)

dan hasilnya seperti dibawah ini.

asli

Kemudian antara satu jurnal dengan jurnal lainnya dipisahkan oleh satu baris dan tertulis #N/A. Hal ini diakibatkan karena rumusnya telah tersedia namun kodenya tidak ada.

Nah kita bisa menambahkan rumus tersebut supaya yang kredit agak bergeser ke kanan, yaitu sebagai berikut :

=IF(F6=0,VLOOKUP(B6,Perkiraan!$A$5:$B$44,2,0),”       “&VLOOKUP(B6,Perkiraan!$A$5:$B$44,2,0))

Yang berwarna merah adalah rumus tambahannya, maksud dari rumus tersebut yaitu :

 

Jika sebelah kredit tidak ada nilai maka rumusnya biasa saja (tidak bergeser ke kanan), selain itu jurnal akan bergeser ke kanan. Dan hasilnya seperti ini :

jurnal-bergeser

 

2. Menghilangkan tanda #N/A

Untuk menghilangkan tanda #N/A, kita tambahkan rumusnya sebagai berikut :

=IF(B6=0,” “,IF(F6=0,VLOOKUP(B6,Perkiraan!$A$5:$B$44,2,0),”       “&VLOOKUP(B6,Perkiraan!$A$5:$B$44,2,0)))

yang berwarna merah adalah rumus tambahannya. Maksud dari rumus tersebut yaitu :

Jika kode tidak bernilai maka jurnalnya tidak ada hasil yang ditunjukkan oleh tanda kutip dua kali selain itu ada hasilnya.

Sehingga hasilnya sebagai berikut :

rumus-akhir

Coba kita perhatikan, antara masing-masing transaksi sudah terpisahkan oleh satu baris.  Tetapi seenarnya di dalamnya ada rumus seperti yang ditunjukkan oleh anak panah merah.

 

3. Menahan judul kolom saat menjurnal

Jurnal yang dibuat tentu banyak sekali sehingga akan berurut ke bawah sebanyak baris yang di inginkan. Sedangkan judulnya bergeser ke atas. Hal ini akan menyulitkan bila judul kolom tidak nampak.  Misalnya seperti ini :

Untuk menahan judul kolom, letakkan kursosr di kolom A pada baris pada baris dibawah tanggal, kalau contoh diatas pas Tgl 20-Jan-08. Lalu berikan perintah Window, Freeze panes (untuk Excel 2003 dan versi dibawahnya), untuk Excel 2007 berikan perintah View, Freeze Panes, maka akan keluar garis memanjang mendatar antara baris 5 dan baris 6. Kalau anda menjurnal yang panjang sekalipun kebawah, maka judul kolom akan tetap nampak.

jurnal-ok

Perhatikan yang ditunjuk oleh anak panah. Setelah baris ke 5 langsung dibawahnya baris ke 10.  Hal ini dikarenakan ada baris yang tersembunyi atau tergulung ke atas.

7 tanggapan untuk “Memodifikasi Rumus Jurnal

Tinggalkan komentar